Thursday, November 21, 2019
Depan > Kemasyarakatan > IKADI Gelar Kurma Ramadhan 1440 H

IKADI Gelar Kurma Ramadhan 1440 H

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Ikatan Da’i Indonesia (IKADI) Kabupaten Probolinggo menggelar Kajian Utama Remaja (Kurma) Ramadhan 1440 Hijriyah di TPQ Nurul Istiqomah Dusun Talang Desa Jambangan Kecamatan Besuk, Minggu (19/5/2019).

Dalam kesempatan tersebut ada 2 (dua) kegiatan terpadu yang dilaksanakan oleh IKADI Kabupaten Probolinggo. Yakni, Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) dan penyerahan fidhyah kepada 30 orang kaum dhu’afa.

Ketua IKADI Kabupaten Probolinggo Massajo mengatakan pentingnya bersyukur atas karunia sehat dan sempat yang Allah SWT berikan sehingga bisa membersamai Ramadhan 1440 Hijriyah.

“Di usia senja jaga dan rawat kesehatan, semangat berdzikir dan doa. Bagi para santri semangat tolabul ilmi terus dipupuk, cita-cita diikuti dengan ikhtiar belajar dan berdoa serta rajin ibadah, menuntut ilmu agama, muliakan orang tua, berakhlakul karimah pada sesama,” ungkapnya.

Kepada para wali santri, para ustadz dan masyarakat Massajo mengharapkan untuk menjaga, membimbing dan mendukung program-program yang baik untuk menyiapkan generasi imtaq yang berkualitas dan berkarakter.

“Saya melihat kegiatan hari ini sangat menyenangkan. Tentunya metode bimbingan baca tulis Al Qur’an ini saya buat singkat, kreatif dan menyenangkan, sambil sesekali dipancing dengan pertanyaan dan penugasan yang membuat mereka enjoy, happy dan tidak merasa berat belajar baca tulis Al Qur’an,” jelasnya.

Harapannya dengan kegiatan BTQ dan penyerahan fidyah bagi kaum dhu’afa oleh Ketua IKADI bersama TPQ Nurul Istiqomah berberkah di bulan Ramadhan tahun ini dan berlanjut di tahun yang akan datang bahkan ikhtiarnya menjadi program yang istiqomah. Mengingat pendidikan baca tulis Al Qur’an sangat diperlukan bagi generasi saat ini agar tidak menjadi generasi yang dhoif dan generasi buta huruf Al Qur’an.

“Saya mengingatkan bahwa kita semua mempunyai tanggung jawab bersama untuk memenuhi hak-hak anak diantaranya hak hidup, perlindungan, tumbuh kembang dan hak partisipasi. Melalui kegiatan ini, di bulan penuh berkah ini kita dorong anak-anak, remaja dan semuanya yang dapat kita jangkau untuk terus beramar makruf nahi mungkar melaui pendekatan pendidikan dan pembinaan Al Qur’an,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal