Thursday, November 26, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Idul Adha 1440 Hijriyah, Pemotongan Hewan Qurban Capai 6.832 Ekor

Idul Adha 1440 Hijriyah, Pemotongan Hewan Qurban Capai 6.832 Ekor

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Pemotongan hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah di Kabupaten Probolinggo mencapai 6.832 ekor. Terdiri dari sapi sebanyak 654 ekor, kambing sebanyak 789 ekor dan domba sebanyak 5.389 ekor.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, Pengolahan dan Pemasaran Dinas Peternakan dan Kesehatan Peternakan (DPKH) Kabupaten Probolinggo drh Yukti Widiatmaningsih.

“Lokasi pemotongan hewan qurban ini berada di 394 tempat dan lokasi penjualan sebanyak 22 tempat. Data ini belum termasuk Kecamatan Pakuniran. Karena sampai tanggal 16 Agustus 2019 datanya belum masuk,” katanya.

Sementara Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner DPKH Kabupaten Probolinggo drh. Nikolas Nuryulianto mengungkapkan dalam melakukan pendataan, pengawasan dan pemeriksaan post mortem hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah ini, pihaknya melibatkan 9 (sembilan) orang dokter hewan dan 24 koordinator kecamatan, 6 (enam) orang petugas RPH (Rumah Potong Hewan) dan para kordes/petugas teknis yang membawahi desa/kelurahan.

“Dari hasil pendataan, pengawasan dan pemeriksaan post mortem diperoleh bahwa ada 1 (satu) hati yang tidak layak dikonsumsi karena mengandung cacing hati. Selebihnya daging layak untuk dikonsumsi,” jelasnya.

Para takmir/panitia qurban juga disarankan untuk tidak mencampur jerohan dengan daging. “Tahun ini para takmir/panitia qurban sudah banyak yang membungkus daging/jerohan dengan plastik putih/jernih tidak berwarna/hitam,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal