Wednesday, August 21, 2019
Depan > Informasi Layak Anak > Himpaudi Besuk Gelar Lomba PAUD

Himpaudi Besuk Gelar Lomba PAUD

Reporter : Hendra Trisianto
BESUK – Dalam rangka ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019, Himpaudi Kecamatan Besuk menggelar lomba bidang pendidikan anak usia dini berupa lomba ayo lari bola, Selasa (6/8/2019).

Lomba ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kecamatan Besuk A’at Kardono dan ditutup oleh Camat Besuk Puja Kurniawan sekaligus pembacaan nominasi kejuaraan. Turut membersamai kegiatan ayo lari bola, Penilik Diktara, Ketua Himpaudi, Kasi Kesra Kecamatan Besuk serta panitia PHBN Kecamatan Besuk.

Dalam sambutannya Sekretaris Kecamatan Besuk A’at Kardono menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para guru PAUD dan pengurus Himpaudi dibawah pembinaan Penilik Diktara sehingga dapat terselenggara kegiatan lomba khusus balita.

“Tentu ini butuh kesabaran, kesungguhan dan partisipasi dari semua komponen pendidikan PAUD, mulai dari kepala sekolah, guru PAUD, orang tua, penilik bahkan kepala desa yang ikut memberikan support baik pembinaan maupun anggarannya,” katanya.

Sementara Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo mengemukakan saran dan masukan sejak awal, bahkan saat dalam pembinaan di lembaga-lembaga PAUD bahwa lomba di tingkat PAUD bukan untuk mencari juara, piala dan mencari nilai sehingga persepsi dan semangatnya terpancing ambisi merebut kejuaraan dan hadiahnya.

“Namun yang sangat mendasar adalah ingin menanamkan nilai-nilai dasar kemanusiaan, karakter, kerjasama, demokratis, keberanian dan lain sebagainya. Terpenuhinya hak-hak anak sesuai dengan usianya sebagaimana tertuang dalam Undang-undang Perlindungan Anak. Dimana ada 4 hak anak meliputi hak hidup, perlindungan, tumbuh kembang dan partisipasi,” ungkapnya.

Menurut Massajo, pada hakekatnya semua ke-32 anak yang ikut mewakili lembaga masing-masing dalam even kegiatan ini adalah anak-anak hebat, tampil dan berani serta menjadi perhatian semua.

“Fungsi utama dari ayo berlari bola warna-warni dimasukkan dan dikelompokkan sesuai warna ini adalah perpaduan simulasi bermain untuk memaksimal sistem motorik agar dapat terlatih, terarah dan menguatkan fungsi otot para peserta. Kemudian dipadukan dengan stimulasi kecerdasan, ketangkasan dalam memilih warna yang sama serta ketepatan memasukkan bola ke dalam keranjang,” jelasnya.

Camat Besuk Puja Kurniawan disela-sela kesibukannya berkesempatan memberikan support baik kepada para guru PAUD, Himpaudi, panitia serta hadirin tentang pentingnya pembinaan anak sejak usia dini agar dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal.

“Harapannya di tahun mendatang lomba ini bisa digelar lebih meriah lagi. Bila perlu tidak hanya anak-anaknya yang tampil, tapi juga para guru PAUD dan orang tuanya juga perlu dibuatkan perlombaan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Puja Kurniawan berswafoto bersama nanda Moh. Aliyando dari KB Insan Cendekian yang berasal dari Dusun Rabesen (pedusunan) terpencil masuk Desa Besuk Agung Kecamatan Besuk. Bahkan juga melihat anak-anak PAUD penuh semangat, senang dan gembira. (dra)