Monday, July 13, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Hasil Swab Dua Kali Negatif, Balita Asal Desa Tamansari Sembuh

Hasil Swab Dua Kali Negatif, Balita Asal Desa Tamansari Sembuh

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Satu pasien positif Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di RSUD Tongas sejak tanggal 26 April 2020 lalu. Balita berusia 1,5 tahun tersebut asal Desa Tamansari Kecamatan Dringu tersebut dinyatakan sembuh setelah hasil swabnya dua kali negatif.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto. “Hasil swab pertama positif, kemudian hasil swab kedua dan ketiga negatif. Untuk kondisi yang bersangkutan bagus dan sehat, makanya sudah kita pulangkan,” katanya, Minggu (10/5/2020) malam.

Menurut Anang, hasil swab ketiga dari pasien positif COVID-19 asal Desa Tamansari Kecamatan Dringu tersebut keluar, Sabtu (9/5/2020). Dimana hasil swabnya negatif. Untuk penyakit lainnya yang diderita oleh balita tersebut tidak ada.

“Setelah dinyatakan sembuh yang bersangkutan tetap akan diawasi dan melakukan isolasi mandiri di rumah. Social distancing terus dilakukan agar tidak tertular lagi. Sampai saat ini sumber penularannya masih belum ketemu,” jelasnya.

Meskipun kakeknya ikut positif terang Anang, tetapi asumsinya malah kakeknya yang tertular dari cucunya. “Kita benar-benar masih buta untuk pasien yang satu ini. Informasi-informasi yang masuk itu juga tidak kuat karena hasilnya juga negatif. Untuk kasus yang satu ini memang unik untuk hal-hal ini,” pungkasnya.

Dengan sembuhnya satu orang pasien positif COVID-19, maka saat ini masih ada 24 orang yang sedang menjalani isolasi di rumah sakit dan rumah pengawasan Kabupaten Probolinggo. Sesuai protokol kesehatan, pasien dinyatakan sembuh apabila hasil swabnya dua kali negatif. (wan)

cww trust seal