Sunday, October 25, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Hasil Swab Dua Kali Negatif, 11 Orang Positif COVID-19 Sembuh

Hasil Swab Dua Kali Negatif, 11 Orang Positif COVID-19 Sembuh

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo merilis hingga Minggu (17/5/2020) malam, 11 orang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan dari rumah pengawasan. Mereka dinyatakan sembuh setelah hasil swabnya dua kali negatif.

Ke-11 orang terkonfirmasi positif COVID-19 yang sudah dinyatakan sembuh ini berasal dari Desa Bayeman Kecamatan Tongas sebanyak 4 orang, Desa Jabungsisir Kecamatan Paiton sebanyak 6 orang dan Desa Gebangan Kecamatan Krejengan sebanyak 1 orang. Mereka tergabung dalam klaster Sukolilo Surabaya.

“Alhamdulillah, berdasarkan hasil swab yang ada, 11 orang terkonfirmasi positif COVID-19 hari ini dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan ke rumahnya masing-masing. Kondisinya semua baik dan sehat. Mereka dinyatakan sembuh karena sesuai protokol kesehatan hasil swabnya dua kali negatif,” kata Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Menurut Anang, untuk hasil swab ke-11 orang ini keluar siang ini. Sebenarnya dari kemarin hasilnya sudah keluar, cuma pihaknya baru terima hasilnya hari ini. Secara umum mereka dalam kondisi sehat semua dan tidak ada penyakit-penyakit lainnya.

“Instruksinya kita sudah jelas, walaupun dia pulang, saran kita isolasi mandiri tetap harus dilakukan selama 14 hari ke depan. Artinya, gaya hidup untuk terus dijaga dengan baik sampai pandemi ini hilang mereka kita harapkan kemana-mana harus memakai masker dan menerapkan physical distancing dan lain sebagainya,” jelasnya.

Anang menegaskan sebab bisa saja orang yang sudah sembuh, kalau ketemu orang lain bisa saja resiko penularan dengan tipe yang lain, karena virus korona khan banyak tipenya. “Makanya mereka harus menerapkan physical distancing. Jangan sampai dia merasa sudah selesai semua, tidak seperti itu. Bisa saja dia akan tertular,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal