Tuesday, September 29, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Hasan Aminuddin Resmikan Gedung SMK Kuliner Ponpes Al-Khoiriyah Kraksaan

Hasan Aminuddin Resmikan Gedung SMK Kuliner Ponpes Al-Khoiriyah Kraksaan

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Tokoh masyarakat Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si meresmikan gedung Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kuliner Pondok Pesantren Al-Khoiriyah Kraksaan, Senin (9/3/2020) pagi.

Peresmian ini dilakukan di sela-sela kegiatan reses masa persidangan II Hasan Aminuddin sebagai wakil rakyat. Kegiatan tersebut dikemas dalam acara silaturahim dan serap aspirasi yang diikuti oleh Kepala Desa se-Kecamatan Kraksaan, tokoh agama, tokoh masyarakat setempat serta perwakilan pelajar dan organisasi.

Peresmian gedung dan lembaga pendidikan baru tersebut ditandai dengan penandatanganan dokumen dan pemotongan nasi tumpeng oleh H Hasan Aminuddin. Turut mendampingi dan menyaksikan prosesi tersebut Ketua Yayasan Ponpes Al-Khoiriyah Habib Muhammad Syauqi beserta Habib Hasyim bin Husein Al-Habsy.

Dalam sambutannya H Hasan Aminuddin berpesan kepada segenap pengurus dan pengasuh yayasan pondok pesantren agar tidak hanya berlomba-lomba dalam memperbanyak santri. Akan tetapi lebih kompetitif dalam hal mendidik santri agar menjadi manusia yang sholeh dan sholehah untuk menghantar mereka menjadi manusia yang berkualitas.

“Alhamdulillah sedikit demi sedikit namun pasti, hari ini saya lihat sendiri bahwa Yayasan Ponpes Al-Khoiriyah semakin maju dan berkembang. Bahkan kini dilengkapi dengan lembaga pendidikan kuliner yang lengkap dengan media prakteknya mulai pemberdayaan bahan baku sampai media pemasarannya,” kata Hasan Aminuddin.

Dengan terwujudnya lembaga baru ini suami Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE ini mengapresiasi strategi dan langkah yang diambil Yayasan Al-Khoiriyah. Menurutnya, para pendahulu Habib Muhammad Syauqi secara turun-temurun sangat dikenal memiliki ilmu kuliner yang tidak tertandingi di wilayah Kraksaan dan sekitarnya sampai saat ini.

“Jadi memang ada darah para pencipta kuliner terbaik yang mengalir di tubuh Habib Sauqi ini. Sangat tepat jika kemudian Pesantren Al-Khoiriyah mendirikan SMK Kuliner, selain mempertahankan tradisi keluarga hal ini tentu sangat bagus untuk menangkap peluang bisnis baru bagi para lulusannya nanti,” tandasnya.

Sementara Ketua Yayasan sekaligus pengasuh Ponpes Al-Khoiriyah Habib Muhammad Syauqi menuturkan terwujudnya lembaga baru dan seluruh media pendukung didalamnya juga merupakan support dari H Hasan Aminuddin serta beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan.Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Habib Syauqi menuturkan salah satu buah sinergi yang kemudian menjadi media penting di dalam SMK Kulinernya adalah pendampingan teknik budidaya ikan lele, menciptakan berbagai macam produk olahan lele sampai pemasaran dan legalitas produknya.

“Ini adalah motivasi H Hasan dimana sebelumnya beliau selalu memotivasi dan berpesan kepada kami bahwa santri dari keluarga kurang mampu belum tentu tidak bisa jadikan orang sukses. Tanamkan ilmu akhlak, berikan mereka modal skill dan keahlian, niscaya keluar pondok pasti akan jadi orang yang sukses,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pameran produk unggulan koperasi pondok pesantren yang juga baru di bentuk. Selain produk olahan lele dan kuliner khas SMK Al-Khoiriyah seperti Soto Lombok, Nasi Kebuli dan berbagai kuliner kambing, para undangan juga berkesempatan melihat hasil kerajinan dan keterampilan para santri.(dra)

cww trust seal