Tuesday, August 4, 2020
Depan > Pemerintahan > Hakekatnya Apel Adalah Doa dan Harapan Agar Tugasnya Lancar dan Barokah

Hakekatnya Apel Adalah Doa dan Harapan Agar Tugasnya Lancar dan Barokah

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo harus lebih aktif dalam mengikuti kegiatan apel bersama. Karena pada hakekatnya sebuah kegiatan apel tidak hanya untuk melihat tingkat kehadiran karyawan/karyawati, akan tetapi ada doa dan harapan bersama agar tugas kita sehari-hari dapat terlaksana dengan baik, berjalan lancar dan penuh barokah.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H.Soeparwiyono saat memimpin apel pagi karyawan/karyawati, Senin (08/04/2019) pagi di halaman Kantor Bupati Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Soeparwiyono menyampaikan hasil evaluasi kerja dari KemenPAN RB tentang pelaksanaan regulasi birokrasi Pemerintah Kabupaten Probolinggo. “Meskipun dinyatakan lulus dengan nilai B namun masih ada catatan yang harus diperhatikan bersama untuk kemudian ditingkatkan,” jelasnya.

Lebih lanjut Sekda Soeparwiyono menerangkan bahwa dari hasil survey sampling melalui pengisian quisioner yang telah dilaksanakan oleh KemenPAN RB beberapa waktu lalu. Pada penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Pemkab Probolinggo yang belum mencapai nilai A juga disebutnya harus menjadi perhatian bersama.

Catatan tersebut kemudian disebut Sekda Soeparwiyono sebagai instruksi Bupati Probolinggo kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo untuk meningkatkan kinerja, khususnya kepada para jajaran pimpinan agar lebih memberikan pemahaman bagi seluruh bawahannya agar semua memahami tupoksinya masing-masing.

“Harapan kita kedepan dapat meningkatkan kekompakan kita, pahami tupoksi masing-masing mulai dari atasan sampai tingkat bawah, seperti misalnya seorang sopir yang seharusnya tidak sekedar bisa mengemudi tetapi juga dituntut untuk memahami kondisi kendaraannya, konsep ini juga harus dimiliki staf yang lain,” tandasnya.

Dalam apel pagi tersebut secara spontan Sekda Soeparwiyono juga memberikan apresiasi kepada karyawan dan karyawati Bagian Administrasi Pemerintahan yang sedang dalam kondisi lengkap. Apresiasi tersebut diwujudkan dalam bentuk sejumlah uang sebagai pengganti uang makan siang. (dra)

cww trust seal