Wednesday, August 12, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Genjot Minat Wisata Seni Budaya Melalui Rengganis Color Festival

Genjot Minat Wisata Seni Budaya Melalui Rengganis Color Festival

Reporter : Hendra Trisianto
KRUCIL – Genjot terus minat wisata seni budaya di Kecamatan Krucil, Pemerintah Kecamatan Krucil bersama Sanggar Seni El Gibran PAC melaunching kegiatan seni busana fantastic bertajuk Rengganis Color Festival, Minggu (1/9/2019) malam.

Tidak hanya diikuti peserta dari lokal Kota dan Kabupaten Probolinggo saja, ratusan penampil busana fantastic dari luar kota seperti Bondowoso, Jember, Pasuruan dan Madura pun hadir ikut serta dalam festival fashion perdana ini.

Uniknya pada pelaksanaan festival ini, seluruh peserta festival dibagi menjadi 10 kontingen, kemudian pada masing-masing kontingen tersebut dikawal oleh kereta hias musik patrol yang merupakan kesenian khas Kecamatan Krucil.

Diantara ratusan karakter busana fantastic yang ditampilkan pada saat “Rengganis Color Festival” itu memiliki nama-nama yang unik seperti Rengganis Princess, Sulur Gunung, Argo Seto dan nama-nama menarik lainnya. Masyarakat yang berjubel menyaksikan jalannya festival pun tidak melewatkan kesempatan ini dengan berselfi ria bersama para penampil busana fantastic tersebut.

Masing-masing penampil yang atraktif juga tidak kalah menarik. Mimik wajah dan gerak tubuh yang berbeda satu sama lain seakan mewakili setiap karakter busana yang ditampilkannya. Kurang lebih satu kilometer yang harus peserta tempuh yakni start dari KUD Argopuro dan finish di lapangan umum Cemoro Sewu Krucil.

Camat Krucil Febry Ilham Hidayat menilai ramainya animo masyarakat untuk menonton dan banyaknya jumlah peserta dari luar daerah yang mengikuti festival merupakan indikator kuat bahwa festival ini layak untuk dikemas lebih baik sebagai salah satu penunjang wisata seni budaya di Kecamatan Krucil.

Oleh sebab itu ke depan pihaknya berencana untuk menjadikan festival ini sebagai agenda tahunan pada setiap malam penutupan peringatan HUT Kemerdekaan RI. Febry berharap festival ini juga mendapatkan support dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

“Selama ini para pengunjung wisata hanya tertarik pada pesona alam Krucil dan jarang sekali yang sampai bermalam. Kami yakin jika kegiatan ini terus dilaksanakan secara rutin akan menarik para wisatawan untuk hadir dan bermalam di Krucil. Malamnya menyaksikan festival dan besok paginya berwisata alam,” tandasnya.

Senada dengan hal tersebut Sugiono, ketua panitia sekaligus owner Sanggar Seni El Gibran PAC menambahkan, adanya animo yang kuat terhadap festival ini pihaknya berencana tahun depan akan bersifat open festival agar bisa diketahui dan diikuti oleh para penampil busana fantastic dari seluruh nusantara.

“Rengganis Color Festival ini terinspirasi dari semangat warga masyarakat Krucil yang selalu semangat bekerja siang dan malam. Kami harap kedepan kegiatan ini juga bisa menjadi ikon wisata dan dapat disupport oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal