Sunday, January 26, 2020
Depan > Informasi Layak Anak > Forum Anak Tingkatkan Kapasitas Pengurus

Forum Anak Tingkatkan Kapasitas Pengurus

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Forum Anak Kabupaten Probolinggo masa bhakti 2019-2021 menggelar kegiatan berupa peningkatan kapasitas pengurus di aula Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo, Sabtu (21/12/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 32 orang peserta terdiri dari pengurus Forum Anak Kabupaten Probolinggo dan Fasilitator. Sebagai narasumber hadir dari Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Jawa Timur, DPPKB Kabupaten Probolinggo dan LPA Kabupaten Probolinggo.

Selama kegiatan, para pengurus Forum Anak Kabupaten Probolinggo dan Fasilitator mendapatkan beberapa materi. Diantaranya, dinamika kelompok/bina suasana, konvensi hak anak, KLA (Kabupaten Layak Anak) Pelopor dan Pelapor, program kerja divisi serta penyusunan program kerja Forum Anak Kabupaten Probolinggo masa bhakti 2019-2021.

Saat ini Forum Anak Kabupaten Probolinggo telah melengkapi susunan pengurusnya dengan beberapa divisi. Meliputi, divisi data dan informasi, divisi penguatan jaringan dan kelembagaan, divisi sosialisasi dan promosi hak anak serta divisi kreatif.

Ketua Forum Anak Kabupaten Probolinggo Sesaria Perdana Aisyah mengungkapkan kegiatan ini bertujuan agar pengurus mampu berperan sesuai dengan tugasnya masing-masing, membangun kesepahaman antar pengurus serta pengurus mampu memahami dan berperan sebagai pelopor dan pelapor.

“Dengan kegiatan ini diharapkan tersusunnya program kerja masing-masing divisi untuk tahun 2019-2021, pengurus memahami dan mengerti konvensi hak anak serta sebagai pelopor dan pelapor untuk mewujudkan Kabupaten Probolinggo Layak Anak,” harapnya.

Sementara Ketua LPA Kabupaten Probolinggo Rusdiono mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk mendukung terwujudnya komitmen dan kebersamaan pengurus Forum Anak Kabupaten Probolinggo untuk mencapai visi misinya melalui penguatan pengurus agar mampu menjalankan fungsi sesuai tugas divisi masing-masing.

“Forum Anak Kabupaten Probolinggo adalah suatu wadah atau organisasi yang bervisi terwujudnya perlindungan dan pemenuhan hak dasar anak sebagai wadah anak berpartisipasi,” katanya.

Adapun misinya adalah meningkatkan perlindungan anak dari kekerasan dan eksploitasi, meningkatkan tumbuh kembang anak melalui pendidikan sanitasi dan kesehatan lingkungan. “Selain itu, meningkatkan partisipasi anak serta meningkatkan pemahaman dan kesadaran anak tentang Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal