Friday, December 13, 2019
Depan > Informasi Layak Anak > Forum Anak Kunjungan Belajar ke DPA Tulungagung

Forum Anak Kunjungan Belajar ke DPA Tulungagung

Reporter : Mujiono
TULUNGAGUNG – Dalam rangka penguatan kapasitas pengurus, Forum Anak Kabupaten Probolinggo mengadakan kunjungan belajar ke teman-temannya di Dewan Perwakilan Anak (DPA) Kabupaten Tulungagung, Sabtu (5/10/2019).

Kunjungan belajar ke DPA Kabupaten Tulungagung ini diikuti oleh 25 orang terdiri dari pengurus Forum Anak Kabupaten Probolinggo, Fasilitator Forum Anak Kabupaten Probolinggo, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Probolinggo serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo.

Ketua LPA Kabupaten Probolinggo Rusdiono mengungkapkan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi Forum Anak untuk ikut serta berperan mewujudkan kabupaten layak anak.

“Tujuannya untuk menambah wawasan Forum Anak dengan mengetahui kegiatan Forum Anak yang lebih baik bisa mencontoh berinovasi dan dikembangkan dalam program kerja Forum Anak Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Dengan adanya kegiatan ini Rusdiono mengharapkan terbentuk Forum Anak sampai seluruh kecamatan dan Kabupaten Probolinggo. “Peran aktif seluruh komponen, baik pemerintah, masyarakat serta swasta untuk memfasilitasi Forum Anak untuk berpartisipasi sebagai salah satu hak anak dalam ikut mewujudkan KLA (Kabupaten Layak Anak) di Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Dari hasil kunjungan belajar ke DPA Kabupaten Tulungagung ini, para pengurus Forum Anak mengetahui proses pembentukan DPA Desa di tingkat desa. Dimana desa sangat berperan dalam berjalannya kegiatan dengan menggunakan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dengan bimbingan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Bappeda, Dinsospppa KB dan LPA.

“Selain itu, proses kumpul bocah untuk menampung suara anak dan partisipasi anak yang diikuti perwakilan anak dari sektor sekolah, pekerja anak, anak difabel dan lain sebagainya yang didukung dari lintas sektor baik pemerintah, swasta maupun masyarakat,” terangnya.

Tidak hanya itu, dari hasil kunjungan belajar tersebut Forum Anak mengetahui kegiatan-kegiatan dari DPA dan inovasinya yang banyak diserap oleh Forum Anak Kabupaten Probolinggo untuk dilaksanakn di Kabupaten Probolinggo.

“Sebagai tambahan Kabupaten Tulungagung, KLA-nya sudah ditingkat Nindya atau dua tingkat diatas kita. Dan DPRD Kabupaten Tulungagung memberi fasilitas kegiatan sidang tahunan DPA di ruang sidang DPRD Kabupaten Tulungagung,” pungkasnya. (y0n)

cww trust seal