Tuesday, October 22, 2019
Depan > Informasi Layak Anak > Forum Anak dan LPA Bersihkan Sampah Plastik Pantai Tugu

Forum Anak dan LPA Bersihkan Sampah Plastik Pantai Tugu

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dalam rangka kegiatan Gerakan Jatim Bersih 2019 untuk memeriahkan World Clean Up Day, Forum Anak Kabupaten Probolinggo bersama Lembaga Perlindungan Anak (LPA) mengadakan kegiatan bersih-bersih sampah plastik di Pantai Tugu Desa Pabean Kecamatan Dringu, Minggu (22/9/2019).

Aksi bersih-bersih sampah plastik di Pantai Tugu ini diikuti oleh 40 orang terdiri dari Forum Anak dan LPA, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo serta Pengelola Pantai Tugu Desa Pabean Kecamatan Dringu.

“Dalam kegiatan bersih-bersih sampah plastik ini, sampah yang berhasil dikumpulkan langsung dimasukkan ke dalam kresek besar. Jumlahnya mencapai kurang lebih sekitar 15 kresek. Jika ditimbangkan hasilnya bisa mencapai 300 sampai 500 kg,” kata Ketua LPA Kabupaten Probolinggo Rusdiono.

Menurut Rusdiono, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan Forum Anak sebagai pelopor dan pelapor dengan lingkungan sekitarnya yang merupakan hak partisipasi yang dimilikinya.

“Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat mengerti bahwa sampah plastik merusak lingkungan karena susah dihancurkan. Oleh karena itu diharapkan juga bisa mengurangi penggunaan plastik dan tidak membuamg sampah plastik sembarangan,” harapnya. (wan)