Friday, November 15, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Finalis Duta Wisata Kakang Ayu Harus Kenali Potensi Daerah

Finalis Duta Wisata Kakang Ayu Harus Kenali Potensi Daerah

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Sepuluh pasang finalis Duta Wisata Kakang Ayu Kabupaten Probolinggo Tahun 2019 mengikuti Audiensi bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono didampingi oleh Inspektur Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono dan perwakilan pejabat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, Kamis (25/04/2019) siang di ruang pertemuan Argopuro Kantor Bupati Probolinggo.

Melalui audiensi tersebut mereka berkesempatan mendapatkan arahan langsung beberapa pejabat terkait sebagai bekal menuju grandfinal Pemilihan Duta Wisata Kakang Ayu Kabupaten Probolinggo 2019 yang akan dilaksanakan pada, Jum’at (26/04/2019) malam di Alun-alun Kota Kraksaan.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Kabupaten Probolinggo H Soeparwiyono mengingatkan agar nantinya bagi yang terpilih maupun yang tidak terpilih agar sama-sama bersyukur dan menerima dengan lapang dada. Pada intinya apa yang sudah dicapai sampai saat ini merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang tidak dimiliki oleh banyak orang.

“Kami yakin keseluruhan ini memiliki kriteria yang dibutuhkan sebagai seorang duta wisata. Tentunya selain ditunjang fisik prima dan kemampuan intelektual yang baik, akhlakul karimah juga menjadi acuan penting didalamnya. Kami yakin adik-adik semua ini akan mampu menjalankan tugas dengan baik nantinya,” katanya.

Menurut Sekda Soeparwiyono, tugas duta wisata adalah harus memahami ilmu komunikasi yang baik. Kedua, mampu mengenali segala potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Probolinggo. Selain kaya akan kuliner dan pengrajin batik, potensi lain yang belum maksimal pengembangannya adalah potensi wisata di Kabupaten Probolinggo yang jumlahnya cukup banyak.

“Ini yang kemudian menjadi tugas kita bersama, khususnya dalam mengupayakan promosi dan publikasi baik melalui media sosial dan media lainnya agar dapat dikenal masyarakat secara luas dan berkembang menjadi destinasi wisata yang memiliki daya saing dan mensejahterakan masyarakatnya,” tandasnya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo Tatok Krismarhento menerangkan, tujuan utama Pemilihan Duta Wisata Kakang Ayu Kabupaten Probolinggo adalah untuk melahirkan duta sebagai wakil Kabupaten Probolinggo untuk memproklamirkan serta memperkenalkan potensi Kabupaten Probolinggo pada sektor wisata termasuk seni dan budaya.

“Dalam pemilihan besok, 10 finalis ini akan diambil 5 pasang yakni rangking 1-3 untuk kakang Ayu Duta Wisata, rangking 4 adalah sebagai duta lingkungan sebagai pelopor dalam Sapta Pesona Wisata dan yang terakhir adalah sebagai Duta Kopi Kabupaten Probolinggo,” kata pria berkaca mata ini.

Lebih lanjut Tatok menjelaskan, setelah dinobatkan sebagai Duta Wisata Kabupaten Probolinggo, selama tiga tahun kedepan tugas keseharian para duta ini adalah memproklamirkan dan publikasi potensi Kabupaten Probolinggo yang menjadi bidangnya tersebut, termasuk menjadi pelopor wisata dimanapun dia tinggal.

“Oleh sebab itu kepada semua masyarakat Kabupaten Probolinggo silahkan untuk berkreatifitas utamanya dengan menemukan objek-obyek wisata baru untuk kemudian dijadikan destinasi wisata secara mandiri oleh masyarakat itu sendiri, sehingga tidak hanya menunggu dan bergantung kepada Pemkab Probolinggo,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal