Saturday, December 7, 2019
Depan > Berita Terkini > FGD, Forum Anak Petakan Permasalahan Anak

FGD, Forum Anak Petakan Permasalahan Anak

Reporter : Mujiono
PAJARAKAN – Forum Anak Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Probolinggo menggelar Focus Grup Discussion (FGD) untuk melakukan pemetaan permasalahan anak di keluarga, sekolah dan masyarakat untuk mengetahui permasalahan dan usulan anak, Rabu (16/10/2019).

FGD yang dilaksanakan di ruang pertemuan SMA Zainul Hasan (Zaha) Genggong Kecamatan Pajarakan ini diikuti peserta dari pengurus OSIS SMP Zaha, SMP Unggulan Zaha Genggong, MTs Zaha Genggong, SMA Zaha Genggong, MA Zaha Genggong, SMK Hafshawaty Zaha Genggong, SMA Unggulan Hafshawaty Zaha Genggong, MA Model Hafshawaty Zaha Genggong serta Fasilitator Forum Anak. Sebagai narasumber hadir dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo, Forum Anak Kabupaten Probolinggo serta Forum Kabupaten Probolinggo Sehat.

Ketua LPA Kabupaten Probolinggo Rusdiono mengungkapkan kegiatan ini bertujuan agar anak-anak mampu memilah permasalahan anak yang dihadapi di keluarga, masyarakat dan sekolah yang berhubungan dengan hak dan kewajibannya. “Selain itu, anak-anak mampu menyusun suara anak di lingkungan sekolah sebagai perwujudan hak partisipasinya sebagai pelopor dan pelapor,” ungkapnya.

Rusdiono menerangkan partisipasi anak adalah salah satu hak yang harus diberikan oleh pemerintah, masyarakat dan keluarga kepada anak untuk ikut berperan di dalam menghadapi permasalahan di keluarga, sekolah dan masyarakat.

“Dengan adanya permasalahan anak yang dihadapinya, anak diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan mengadakan pemetaan permasalahan yang dihadapinya sebagai bahan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah, keluarga maupun masyarakat. Serta diberikan ruang kepada anak untuk menyampaikan suaranya yang merupakan partisipasi anak sebagai pelopor dan pelapor untuk menuju Kabupaten Probolinggo Layak Anak,” pungkasnya. (y0n)

cww trust seal