Wednesday, November 20, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Festival Jathilan Seri 4 Usung Tema Kerajaan Majapahit

Festival Jathilan Seri 4 Usung Tema Kerajaan Majapahit

Reporter : Mujiono
SUKAPURA – Festival Jathilan Bromo diseri keempat kembali menghibur para pengunjung wisata Bromo Tengger Semeru, Sabtu (9/11/2019) sore di Amfiteater Jiwa Jawa Resort, Desa Wonotoro, Kecamatan Sukapura.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi anggota DPRD Kabupaten Probolinggo H. Wahid Nurahman dan Kapolresta Probolinggo AKBP Ambariyadi Wijaya. Serta Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin turut menyaksikan seni tari Jathilan dari tribun Amfiteater Jiwa Jawa Resort.

Festival ini menampilkan 125 orang penari dari SD, SMP dan SMA dengan mengusung tema Jathilan Majapahit yang menggambarkan perjuangan Kerajaan Majapahit untuk mempersatukan Nusantara dengan Sumpah Palapa oleh Patih Gajah Mada diiringi musik gamelan dari Banyuwangi.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan terima kasih kepada pengunjung wisata Bromo Tengger Semeru yang telah menyaksikan Festival Jathilan. “Semoga pagelaran Jathilan ini dapat menghibur dan menjadikan pengetahuan bagi penonton, dimana seni tari ini menampilkan sebuah sejarah di zaman kerajaan,” harapnya.

Menurut Wabup Timbul, Festival Jathilan Bromo ini merupakan sebuah upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dengan pelaku wisata Bromo Tengger Semeru untuk menambah daya tarik wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

“Dengan Festival Jathilan Bromo ini, telah memberikan dampak positif bagi anak-anak muda dan pelajar untuk lebih mengenal lebih jauh terhadap seni budaya, khususnya di wilayah Kecamatan Sukapura,” pungkasnya.

Sementara Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin sempat menanggapi tentang Festival Jathilan Bromo. Menurutnya, Jathilan ini merupakan sebuah tarian kolosal menggambarkan pada zaman Majapahit. “Ini sangat melekat dan familier bagi masyarakat Jawa Timur. Tetap melestarikan dan menjaga seni budaya kita yang nantinya siap bersaing di era globalisasi,” katanya. (y0n)

cww trust seal