Saturday, December 7, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Festival Jathilan Gunung Bromo Semakin Diminati Wisatawan

Festival Jathilan Gunung Bromo Semakin Diminati Wisatawan

Reporter : Hendra Trisianto
SUKAPURA – Festival Jathilan Gunung Bromo semakin hari semakin diminati wisatawan. Apresiasi dari berbagai pihak pun terus mengalir, termasuk
dari Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa saat berkesempatan menyaksikan langsung Festival Jathilan kedua, Sabtu (29/9/2019) sore.

Saat itu Gubernur Khofifah hadir didampingi oleh Bupati Probolinggo Hj P Tantriana, SE dan Wakil Bupati Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko serta Ketua Staring Comite Festival Jathilan Bromo 2019 Sigit Pramono.

Pada Festival Jathilan kedua ini selain menampilkan Jathilan khas Kabupaten Banyuwangi, Lumajang dan Jogjakarta, penonton juga disuguhi sebuah sendratari Jathilan Majapahit yang kali ini dikolaborasikan secara apik bersama tari Kiprah Glipang Kabupaten Probolinggo dan para penari lokal lainnya.

Dalam sambutannya Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa sedikit mengupas dan menangkap sebuah pesan penting pada sinopsis sendratari Jathilan Majapahit tersebut, dimana Patih Gajah Mada harus menjalani laku puasa untuk menyatukan Nusantara. Artinya ada keprihatinan dan spiritualitas untuk mencapai sebuah cita-cita besar.

“Semoga kita semua bisa memaknai cerita Jathilan Majapahit ini untuk kemudian menjadikan penguatan ruh spiritualitas kita. Terima kasih kepada para inisiator wisata, Pemkab Probolinggo dan masyarakat Tengger untuk turut mempertahankan dan menguatkan salah satu seni budaya kita,” tandasnya.

Selain itu Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari, SE menambahkan, ini merupakan pergelaran festival Jathilan Bromo yang sangat spesial karena dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur yang sekaligus merupakan kali pertamanya mengunjungi kawasan wisata Gunung Bromo sebagai Gubernur Jawa Timur.

Kehadiran mantan Menteri Sosial Republik Indonesia ini sendiri disebut Bupati Tantri sebagai wujud suporting lahir dan batin kepada seluruh elemen masyarakat dan Pemkab Probolinggo dalam melakukan rebranding kawasan Bromo. Selain tersohor karena pesona alamnya, diharapkan Gunung Bromo semakin dikenal juga sebagai destinasi wisata seni budaya.

“Kami akan selalu berinovasi agar festival Jathilan Bromo semakin menarik dan layak menjadi agenda wisata Nasional. Sesuai apa yang telah di sampaikan Ibu Gubernur, bahwasanya Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendukung dan akan menjadikan festival jathilan sebagai agenda wisata nasional,” pungkas Bupati Tantri. (dra)

cww trust seal