Saturday, December 7, 2019
Depan > Kesehatan > Evaluasi Kinerja, Dinkes Gelar Rakor Manajemen

Evaluasi Kinerja, Dinkes Gelar Rakor Manajemen

Reporter : Syamsul Akbar
ROBOLINGGO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat koordinasi (rakor) manajemen di Bale Hinggil Paseban Sena Probolinggo, Senin (15/4/2019). Rakor manajemen ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Rakor ini diikuti oleh para pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Dinkes Kabupaten Probolinggo. Sebagai narasumber hadir Kepala Dinkes dan para pejabat eselon III (Sekretaris dan Kepala Bidang) Dinkes Kabupaten Probolinggo.

Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto mengatakan rakor manajemen ini bertujuan untuk mengevaluasi struktur organisasi Dinas Kesehatan, tugas pokok dan fungsi dari setiap unsur dalam struktur organisasi tersebut dan pelaksanaan serta capaian kinerjanya.

“Selain itu, dapat tersusunnya peta jabatan di masing-masing Bidang dan Sekretariat sehingga, nama jabatan di bawah pejabat eselon IV (Kasi/Kasubag) tersusun sehingga tugas pokok dan fungsi serta tanggung jawab masing-masing staf jelas dan memudahkan penataan pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Anang, dalam rangka penguatan kelembagaan suatu organisasi, sangat diperlukan untuk mengadakan evaluasi terhadap struktur organisasi, tugas pokok dan fungsi organisasi. “Serta perlu melakukan penataan pegawai dalam peta jabatan di bawah eselon IV (Kasubag/Kasi) serta
evaluasi terhadap capaian kinerja organisasi tersebut,” jelasnya.

Anang menegaskan suatu organisasi dalam mencapai tujuan (visi dan misi) yang telah ditentukan akan tergantung pada kinerja individu, baik dalam organiasi pemerintah maupun swasta. Demi perkembangan organisasi dan tercapainya kepuasan publik yang dilayani, maka seharusnya
organisasi menghasilkan kinerja yang baik.

“Kinerja sangat diperhatikan oleh suatu organisasi, karena hal tersebut menyangkut akan kepercayaan maupun kepuasan dari publik. Pentingnya kinerja organisasi dalam memberikan pelayanan prima kepada publik, sehingga hal tersebut dijadikan sebagai salah satu tuntutan reformasi dibidang pemerintahan. Memiliki akuntabilitas dan transparansi yang tinggi pada stakeholder merupakan tuntutan untuk organisasi publik,” tegasnya.

Lebih lanjut Anang menambahkan bahwa kinerja suatu organisasi dapat dilihat melalui sejauh mana organisasi tersebut mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

“Oleh karena itu evaluasi terhadap pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dari setiap jabatan baik dari jabatan eselon maupun jabatan pelaksana/staf sangat perlu dilakukan untuk mengukur dan melihat tingkat keberhasilan pencapaian sasaran kinerja yang telah ditentukan,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan paparan tentang susunan organisasi, tugas pokok dan fungsi sampai level staf masing-masing Bidang/Sekretariat, capaian kinerja serta masalah dan solusi dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi. (wan)

cww trust seal