Sunday, October 25, 2020
Depan > Pendidikan > EJGSI 2020 Zona 7 Probolinggo Resmi Berakhir

EJGSI 2020 Zona 7 Probolinggo Resmi Berakhir

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Perhelatan East Java Green Scout Innovation (EJGSI) Tahun 2020 Zona 7 Probolinggo yang digelar Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur bersama Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur resmi ditutup di Pelataran Candi Jabung Desa Jabung Candi Kecamatan Paiton, Kamis (8/10/2020) siang.

Penutupan EJGSI ini ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak H. AR. Purmadi didampingi Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko, anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur Kak Hasan Irsyad dan Komandan Kodim 0820 Probolinggo Kak Letkol Inf. Imam Wibowo.

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Probolinggo, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Kak Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Probolinggo, anggota dan pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo, Forkopimka Paiton , Ketua Kwarcab (Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo dan Kabupaten Situbondo) serta Ketua Mabiran dan Ketua Ranting Gerakan Pramuka Paiton, Pakuniran, Kotaanyar, Besuk dan Kraksaan.

Rangkaian EJGSI tahun 2020 Zona 7 Probolinggo diantaranya pemugaran rumah tidak layak huni sebanyak 8 unit, penyerahan dan pembagian sebanyak 100 tempat sampah kepada masyarakat, pemberian 1 unit gerobak sampah, membuat 1 unit gapura lokasi pertigaan jalan raya menuju lokasi Candi Jabung .

Selain itu, melakukan pengecatan gapura dan fasilitas umum, bersih-bersih lingkungan, memberikan dan menanam pohon/bunga untuk taman serta pembagian 150 paket bahan pangan kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak pandemi COVID-19.

Plt Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak H. AR. Purmadi mengaku sangat bersyukur karena rupanya Kabupaten Probolinggo memang luar biasa mengemban tugas dan amanah program Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur yang dibackup oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur telah dapat dilaksanakan di Zona 7 Probolinggo ini dengan baik.

“Dari sisi hasil karya adik-adik pramuka, baik itu yang berupa pengecatan sepanjang komplek Candi Jabung, pembagian tempat sampah kepada warga sekitar, pembagian pangan kepada warga yang terdampak COVID-19. Serta puncaknya adalah bedah rumah, rumah tidak layak huni menjadi layak huni,” katanya.

Sebagaimana ketahui jelas Kak Purmadi, target Jawa Timur setiap zona 7 rumah saja, tapi Kabupaten Probolinggo kali ini sudah berswadaya menambah satu rumah lagi menjadi 8 rumah.

“Alhamdulillah, Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo sudah berikrar untuk tahun depan menduplikasi program ini dengan kemampuan Kwarcab dengan potensi yang ada di Kabupaten Probolinggo. Tentu kami sekali lagi mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas pelaksanaannya,” tegasnya.

Sementara anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur Kak Hasan Irsyad menyampaikan ucapan terima kasih dan salut Komisi E DPRD Jawa Timur pada Kwarda Jatim dan Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo dan segenap jajarannya yang telah melaksanakan rehabilitasi rumah tidak layak huni. Ini pelaksanaan pembangunan yang sangat diharapkan oleh masyarakat.

“Karena pengadaan papan ini yang pertama bagi orang hidup. Jadi kalau papannya sudah baik seperti ini maka Insya Allah nanti hal-hal yang berkaitan dengan pangan dan sandang akan mengikuti juga. Untuk akan datang Insya Allah kami akan memperjuangkan terus untuk kepentingan pramuka dan membangun rumah-rumah tidak layak huni dan dikembangkan seperti di Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengucapkan terima kasih dan terharu atas program EJGSI 2020 ini, karena bisa melihat bersama begitu senang dan bahagianya masyarakat dengan adanya program Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur.

“Yang jelas, Ibu Bupati akan mereplikasi dan menduplikasi program ini karena begitu besar manfaatnya bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo. Harapan saya tentunya ini akan berdampak baik dan nantinya semoga kita bisa terus berkarya demi kepentingan masyarakat dan kemajuan Pramuka di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Plt Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak H. AR. Purmadi menyematkan tanda kehormatan Panca Warsa kesetiaan pada Gerakan Pramuka orang dewasa kepada Kak Hj. P. Tantriana Sari, SE dan Kak Timbul Prihanjoko dan penghargaan Melati dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka kepada Wakil Ketua Abdimas Humas Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Didik S. Wahjudi.

Kemudian penghargaan kepada Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo sebagai tuan rumah serta piagam untuk aparat Desa Jabung Candi dan Jabung Sisir yang mensukseskan pelaksanaan EJGSI tahun 2020 Zona 7 Probolinggo.

Penutupan EJGSI tahun 2020 ini juga diisi dengan pemberian dana bantuan motivasi operasional kegiatan tahun 2020 kepada 24 kwarran se-Kabupaten Probolinggo sebesar Rp 2 juta dan dana bantuan kegiatan pencegahan dampak COVID-19 di 24 kwarran se-Kabupaten Probolinggo sebesar Rp 3 juta oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko.

Kegiatan ini diakhiri dengan peninjauan ke salah satu penerima manfaat program pemugaran dan renovasi rumah tidak layak huni menjadi rumah layak dan sehat milik Slamet di Dusun Krajan Desa Jabung Candi Kecamatan Paiton. (wan)

cww trust seal