Wednesday, November 25, 2020
Depan > Informasi Layak Anak > Duta Gemarikan Jatim Meriahkan Sosialisasi Gemarikan

Duta Gemarikan Jatim Meriahkan Sosialisasi Gemarikan

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Duta Gemarikan 2019 Provinsi Jawa Timur Aldi dan Jeni turut memeriahkan sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kabupaten Probolinggo, Selasa (20/8/2019) di halaman aula Bin Hasan Pondok Pesantren (Ponpes) HATI Dusun Toroyan Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan.

Pada sosialisasi itu mereka didapuk untuk mengajak sekaligus mengkampanyekan salah satu gerakan nasional ini kepada ratusan santri/siswa SMP HATI Bilingual Boarding School (BBS) Kraksaan dan siswa-siswi tingkat sekolah dasar sekitar Kota Kraksaan agar gemar makan Ikan.

Dengan gaya dan bahasa khas generasi milenial, runner up Duta Gemarikan 2019 Jawa Timur ini sukses merebut perhatian peserta sosialisasi. “Makan ikan sehat, makan ikan kuat, makan ikan cerdas, Gemarikan sehat, kuat dan cerdas,” teriak Aldi mengawali materi sosialisasi dengan jargon Gemarikannya.

Dari awal penampilannya, Aldi dan Jeni memang sangat piawai dalam mengawal rangkaian acara. Sosialisasi dikemas begitu segar dan menarik dengan tambahan sesi kuis-kuis berhadiah. Praktis suasana terasa begitu hidup dengan kegiatan tanya jawab materi seputar dunia ikan dan manfaat besarnya.

Selain berkampanye untuk menyasar usia sekolah, beberapa hal yang disampaikan dalam sosialisasi Gemarikan tersebut ternyata juga menarik perhatian kalangan dewasa. Seperti yang disampaikan oleh Jeni tentang informasi kandungan zat klarin yang dimiliki ikan tongkol yang jika dikonsumsi sifatnya mengenyangkan lebih lama.

“Jadi yang sedang ada masalah dengan berat badan atau sedang menjalankan program diet tentu cenderung sering merasa lapar bukan? Makan ikan tongkol minimal sekali sehari pasti kenyangnya lebih lama. Artinya kita tidak akan ingin ngemil lagi,” papar Jeni.

Informasi lain yang disampaikan Duta Gemarikan ini adalah ragam manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi ikan lele. Mulai dari daging, kulit dan tulangnya juga diketahui tinggi akan kandungan zat kalsium yang sangat dibutuhkan proses tumbuh kembang balita dan usia dini.

“Makan ikan itu tidak harus mahal, kalian kini sudah tahu ikan apa saja yang meskipun harga relatif murah namun sangat besar akan kandungan omega 3. Kita tahu zat ini sangat diperlukan untuk perkembangan sel otak, semakin banyak asupan omega 3 maka semakin cerdas anaknya,” tandasnya.

Sosialisasi Gemarikan kali ini dipungkasi dengan pembagian poster-poster himbauan Gemarikan dan makan bersama bakso ikan gratis. Tidak lupa seluruh peserta juga menyanyikan bersama jinggle Mars Gemarikan yang mengangkat semboyan makan ikan setiap hari, tiada hari tanpa makan Ikan. (dra)

cww trust seal