Sunday, April 5, 2020
Depan > Informasi Layak Anak > Dukung 1100 HPK, TP PKK Gelar Orientasi Calon Pengantin

Dukung 1100 HPK, TP PKK Gelar Orientasi Calon Pengantin

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Dalam rangka mendukung 1100 Hari Pertama Kehidupan (HPK), Kelompok Kerja (Pokja) IV Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo menggelar orientasi calon pengantin (catin) di Kabupaten Probolinggo, Rabu (26/2/2020).

Orientasi yang dilaksanakan di ruang pertemuan Tim PKK Kabupaten Probolinggo ini diikuti oleh 72 orang terdiri dari 1 orang pendamping TP PKK kecamatan dan 2 catin perempuan dari 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Selama kegiatan mereka mendapatkan materi dari narasumber yang berasal dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo serta Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terutama oleh catin akan pentingnya kesehatan reproduksi perempuan terutama bagi seorang ibu hamil karena dengan status kesehatan yang baik akan berpengaruh baik pula bagi kesehatan ibu maupun bayinya,” kata Ketua Pokja IV Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Ny. Yayuk Shodiq.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menyampaikan indikator kesehatan utama ditentukan oleh angka kematian ibu, angka kematian neonatal dan stunting. Kabupaten Probolinggo adalah salah satunya kabupaten yang pencapaiannya sangat tinggi. Yakni, angka kematian ibu tahun 2019 sejumlah 17 ibu dan angka kematian neonatal sejumlah 180. Hal tersebut menjadi perhatian besar bagi pemerintah daerah.

“Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dimulai dari hilir yaitu mulai dari remaja, calon pengantin sampai ibu hamil perlu diberikan pengetahuan dan ketrampilan untuk menjadikan seorang ibu yang berkualitas. Selain memberikan hal tersebut, untuk remaja putri perlu juga minum tablet Fe setiap minggu. Untuk catin dan ibu hamil (bumil) ada kegiatan kelas bumil dan kelas catin serta program kegiatan pendampingan sehingga akan melahirkan bayi dan ibu selamat dan sehat,” katanya.

Menindaklanjuti hal tersebut terang istri Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko ini, Tim Penggerak PKK adalah organisasi yang mempunyai kekuatan sampai ke bawah yaitu Dasa Wisma. Untuk itu Pokja IV mengadakan kegiatan orientasi calon pengantin sebagaimana meneruskan kegiatan tahun lalu yang telah dilakukan mengumpulkan remaja.

“Harapan kami dengan dibekali ilmu dan ketrampilan bagi calon pengantin akan menambah bekal untuk menjadikan ibu yang berkualitas dan ilmunya dapat diberikan kepada yang lain,” harapnya. (wan)

cww trust seal