Wednesday, August 21, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Dua Jamaah Haji Kabupaten Probolinggo Meninggal Dunia

Dua Jamaah Haji Kabupaten Probolinggo Meninggal Dunia

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dua orang jamaah calon haji asal Kabupaten Probolinggo yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 13 SUB meninggal dunia di tanah suci Mekkah dalam waktu yang berbeda.

Jamaah pertama yang meninggal dunia adalah Slamet bin Raksum (59) asal Dusun Krajan Desa Sumber Kledung Kecamatan Tegalsiwalan. Slamet meninggal dunia setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) Al Noor Mekah pada Sabtu (9/8/2019) dini hari. Sementara jamaah kedua adalah Haji Natu bin Rasmadi (81) asal Kecamatan Lumbang yang meninggal pada Senin (12/8/2019).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo Santoso. Menurutnya, Slamet tidak berkesempatan melakukan persiapan wukuf di Padang Arafah. Selanjutnya jenazah Slamet disalatkan di Masjidil Haram dan dikebumikan di Pemakaman Umum Soraya Mekah.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang ke rahmatullah dua jamaah haji asal Kabupaten Probolinggo di tanah suci. Semoga yang bersangkutan mendapatkan pahala haji dan balasan surga,” ujarnya.

Menurut Santoso yang menjadi pembimbing kloter 13 ini, Haji Natu menggunakan kursi roda selama menjalani rangkaian ibadah haji. Hal itu dilakukan agar kesehatannya tidak terus menurun di usia senjanya. Ternyata, mendiang harus dirujuk ke RSAS karena drop dan dinyatakan meninggal.

“Kedua jamaah ini memang sudah sakit dari Kabupaten Probolinggo. Ditambah lagi faktor utama yang membuat kesehatan jamaah haji lansia menurun adalah kelelahan. Mereka mengalami kelelahan fisik setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang melaksanakan puncak haji. Sejak memulai wukuf di Arafah, lalu mabit di Muzdalifah hingga bergerak ke Mina. Termasuk saat melontar jumrah,” terangnya.

Oleh karena itu Santoso mengaku terus memberikan himbauan dan upaya-upaya agar bisa mengurangi dampak kelelahan jamaah. Seperti memberikan air minum dan buah-buahan saat di perjalanan. “Mohon doanya mudah-mudahan para jamaah haji Kabupaten Probolinggo senantiasa diberikan kelancaran dan kesehatan selama berada di tanah suci hingga kembali ke tanah air dengan predikat haji mabrur,” pungkasnya. (wan)