Wednesday, August 12, 2020
Depan > Kesehatan > DPPKB Gelar Orientasi PPRG Bagi Kepala Desa di Kampung KB

DPPKB Gelar Orientasi PPRG Bagi Kepala Desa di Kampung KB

Reporter : Mujiono
DRINGU – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo menggelar orientasi Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) bagi Kepala Desa di Kampung KB se-Kabupaten Probolinggo, Senin (21/10/2019) di ruang pertemuan SDN Kedungdalem II Kecamatan Dringu.

Kegiatan orientasi Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) yang merupakan program kegiatan di Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada DPPKB Kabupaten Probolinggo ini dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Abdul Halim didampingi Sekretaris DPPKB Kabupaten Probolinggo Sentot Dwi Hendriyono.

Orientasi ini diikuti oleh 110 peserta terdiri dari para Kepala Desa Kampung KB, para Koordinator Penyuluh KB serta Tim Driver Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kabupaten Probolinggo.

Disela-sela acara tersebut dilaksanakan penandatanganan komitmen Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) secara simbolis oleh Kepala Desa Alasnyiur Hasan Basri dan Kepala Desa Krejengan Nurul Huda disaksikan oleh para peserta orientasi PPRG.

Dalam sambutannya Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Abdul Halim menegaskan kebijakan Pemerintah Kabupaten Probolinggo dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan bisa terjadi jika proses pembangunan dilaksanakan secara transparan dan mampu memberdayakan masyarakat.

“Selain itu, mampu melindungi dan membebaskan perempuan dari kekerasan, sehingga perempuan dapat terlihat dalam transformasi kesetaraan dan keadilan gender pada pembangunan,” katanya.

Menurut Halim, pelaksanaan integrasi PUG kedalam siklus perencanaan dan penganggaran di Kabupaten Probolinggo dapat mendorong pengalokasian sumber daya pembangunan menjadi lebih efektif. “Disamping, dapat dipertanggungjawabkan dan adil dalam memberikan manfaat pembangunan bagi perempuan maupun laki-laki,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal