Friday, December 13, 2019
Depan > Pemerintahan > DPMD Gelar Silaturahim Perangkat Desa se Kabupaten Probolinggo

DPMD Gelar Silaturahim Perangkat Desa se Kabupaten Probolinggo

Reporter : Hendra Trisianto

KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo mengadakan silaturahim Perangkat Desa se Kabupaten Probolinggo, Senin (18/03/2019) di aula Bin Aminuddin Pondok Pesantren Hati, Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan.

Kegiatan dalam rangka peningkatan Kapasitas Aparatur Perangkat Desa tersebut dihadiri oleh Drs. H. Hasan Aminuddin M.Si, selaku anggota DPR RI Komisi VIII, sekaligus pengasuh Ponpes Hati. Kegiatan ini dilaksanakan dua sesi waktu, yakni pagi hari untuk wilayah kecamatan bagian timur dan siang hari untuk wilayah kecamatan bagian barat.

Dalam kegiatan tersebut aparatur pemerintahan desa ini berkesempatan untuk mendengarkan arahan dari Hasan Aminuddin tentang kewajiban seorang aparatur pemerintah dan juga sekaligus untuk berkomitmen bersama sebagai satu kesatuan besar yang merupakan bagian dari pemerintah kabupaten Probolinggo. “Kalau kita sudah bersepakat untuk bersatu dalam pelaksanaan roda pemerintahan di Kabupaten Probolinggo maka seharusnya kita tidak mudah terpecah belah oleh siapapun ,” kata Hasan Aminuddin dalam salah satu sambutannya.

Lebih lanjut Hasan Aminuddin mengemukakan bahwa wajah Pemerintah Kabupaten Probolinggo sudah berubah jauh lebih baik dalam kurun waktu 10 terakhir. Ragam prestasi regional maupun nasional yang sudah banyak diraih selama ini dikatakan olehny juga tidak lepas dari hasil kerja keras para aparatur desa.

“Saya ucapkan terimakasih atas semangat luar biasa selama ini, Jagalah marwah dan wibawa Pemerintah Kabupaten Probolinggo, karena tanggung jawab ini juga sama besar bagi seluruh aparatur pemerintah yang ada di desa Se-Kabupaten Probolinggo,” tegas Hasan Aminuddin.

Hasan Aminuddin mengingatkan juga tentang pentingnya menjaga ukhuwah agar tercipta keharmonisan hubungan yang baik antara sesama aparat dan atasan dalam konteks birokrasi Pemerintah. Hal ini agar tidak mudah terjadi gesekan dan pribadi kurang bersyukur.

Dalam hal ini menurut Hasan Aminuddin Masing-masing aparatur harus paham posisi agar tidak terjadi ketimpangan. Contohnya seorang kepala desa, maka bagaimana dia bisa menjadi bapak yang baik bagi seluruh masyarakatnya sekaligus perangkat desanya. Perangkat desa sebagai bawahan juga harus tawadhu terhadap kerala desa dengan membantu tugas – tugasnya.

“Ingat, kita semua yang hadir mungkin berbeda untuk status jabatan dan kepangkatan, ada kades, perangkat, camat atau bahkan Blbupati, semua status itu hanya dimata manusia, namun dimata Allah kita semua adalah sama. Yang membedakan adalah bagaimana kita amanah dalam menjalankan tugas dan fungsi yang sudah di amanatkan dengan sebaik – baiknya,” jelasnya.

Sementara sebagai persiapan menghadapi hajat besar Indonesia Pilpres dan Pileg 2019 ini, Hasan Aminuddin mengapresiasi kinerja perangkat desa ini saat pelaksanaan Pilkada serentak 2018 kemarin dalam rangka menciptakan suasana kondusif dan damai selama tahapan pelaksanaan Pilkada. Hal inilah yang diharapkannya pada saat pelaksanaan Pilpres kedepan.

“Untuk sikap politik pesan saya adalah pertimbangkan baik – baik pilihan anda, pilihlah minimal yang mendekati amanah. Karena pilihan itu juga merupakan bagian dari sebuah pertanggunggjawaban kita kelak, jika yang dipilih itu amanah dan membawa manfaat, maka kita pun juga akan mendapatkan pahala atas semua itu,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal