Monday, November 23, 2020
Depan > Kemasyarakatan > DPKH Sosialisasikan Permentan 03 Tahun 2019

DPKH Sosialisasikan Permentan 03 Tahun 2019

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) RI Nomor 03 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Jasa Medik Veteriner di aula KPRI Prastiwi Kabupaten Probolinggo, Kamis (26/12/2019).

Kegiatan yang dilakukan usai pengukuhan dan pelantikan pengurus Paravetindo (Paramedik Veteriner dan Inseminator Indonesia) Dewan Pimpinan Cabang Kabupaten Probolinggo masa bakti 2019-2024 ini diikuti oleh 94 orang peserta dari kalangan paramedik veteriner di Kabupaten Probolinggo.

Sosialisasi Permentan Nomor 03 Tahun 2019 yang dibuka oleh Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Yahyadi ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kabupaten Probolinggo Edy Karyawan, Ketua DPW Paravetindo Provinsi Jawa Timur Effendy, perwakilan PDHI (Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia) Jawa Timur serta dokter hewan se-Kabupaten Probolinggo.

Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Yahyadi mengatakan kegiatan ini bertujuan dalam rangka meningkatkan kinerja petugas lapangan untuk menjalankan regulasi dalam Permentan Nomor 3 Tahun 2019. Di mana petugas lapangan itu harus mempunyai SIP (Surat Ijin Praktek) dalam rangka memperkuat paramedik dan medik.

“Pengukuhan dan pelantikan pengurus Paravetindo ini dilakukan untuk semakin memantapkan kelembagaan dan kepengurusannya. Jadi semua urusan yang ada di lapangan diakomodir oleh pengurus agar apapun permasalahan yang ada di lapangan baik yang diminta maupun apapun itu harus langsung ke pimpinan,” jelasnya.

Menurut Yahyadi, ke depan petugas lapangan yang masih belum mempunyai kantor nantinya akan dijadikan satu di BPP (Balai Penyuluh Pertanian). Jadi nanti di BPP akan ditempatkan lagi seorang petugas yang notabene satu atap dari pertanian.

“Karena pertanian itu didalamnya ada peternak, pekebun dan petani, sehingga dengan berada dalam satu kantor masyarakat yang petani sendiri, berkebun dan berternak tidak kesulitan untuk mencari petugas lapangan dalam rangka mempercepat pelayanan publik,” harapnya. (wan)

cww trust seal