Monday, August 10, 2020
Depan > Kemasyarakatan > DPKH Lakukan Pengawasan dan Pendataan Produk Hewan

DPKH Lakukan Pengawasan dan Pendataan Produk Hewan

Reporter : Syamsul Akbar
SUMBERASIH – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo melakukan kegiatan pengawasan dan pendataan produk hewan (daging) di Pasar Muneng Kecamatan Sumberasih dan Pasar Bayeman Kecamatan Tongas, Kamis (19/9/2019).

Dasar hukum kegiatan ini adalah Undang-undang (UU) Nomor 18 Tahun 2009 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 95 Tahun 2012 Tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan.

Di Pasar Muneng Kecamatan Sumberasih, terdata penjual daging sapi sebanyak 3 orang, daging kambing sebanyak 3 orang dan daging ayam sebanyak 20 orang. Harga di Pasar Muneng, daging sapi relatif normal Rp 100.000/kg. Sedangkan daging kambing Rp 120.000/kg masih relatif tinggi menurut pedagang. Sementara daging ayam berkisar antara Rp 27.000 hingga Rp 30.000/kg.

Sementara di Pasar Bayeman Kecamatan Tongas, pedagang daging sapi ada 4 orang, daging kambing ada 2 orang dan daging ayam 9 orang. Harga di Pasar Bayeman, daging sapi relatif normal sebesar Rp 100.000/kg, daging kambing masih relatif tinggi sebesar Rp 120.000/kg dan daging ayam sebesar Rp28.000/kg.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko melalui Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner drh. Nikolas Nuryulianto mengatakan penataan produk hewan di pasar tradisional Muneng dan Bayeman masih belum satu lokasi.

“Artinya, penjual produk hewan/daging masih terpencar-pencar serta belum dicukupi dengan freezer di tempat penjualan dan masih ada daging yang tidak digantung alias diletakkan di atas meja,” katanya.

Menurut Niko, masih ditemukan juga ada pedagang yang menjual bahan peralatan rumah tangga dan daging. “Kami harapkan kepada penjual untuk memilih salah satu, apakah mau menjual peralatan rumah tangga saja atau daging saja. Jadi tidak boleh kedua-duanya dalam satu tempat,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal