Wednesday, November 13, 2019
Depan > Kemasyarakatan > DPKH Lakukan Pengawasan dan Pendataan Pemotongan Ternak Ruminansia

DPKH Lakukan Pengawasan dan Pendataan Pemotongan Ternak Ruminansia

Reporter : Syamsul Akbar
LECES – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo melakukan pengawasan dan pendataan pemotongan ternak ruminansia di Rumah Potong Hewan (RPH) Leces, Kamis (4/7/2019).

Kegiatan yang dilakukan mulai pukul 02.00 hingga 04.00 WIB ini melibatkan Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) DPKH Kabupaten Probolinggo drh. Nikolas Nuryulianto, para calon Dokter Hewan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya serta petugas teknis RPH Leces.

Dasar hukum kegiatan ini Undang-undang Nomor 18 Tahun 2009 jo UU Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) RI Nomor 48 Tahun 2016 Tentang Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab), Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Pengendalian Ternak Sapi dan Kerbau Betina Produktif.

Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Endang Sri Wahyuni melalui Kasi Kesmavet drh. Nikolas Nuryulianto mengatakan pengawasan ini bertujuan untuk mengawasi pemotongan ternak ruminansia betina produktif serta meningkatkan penjaminan pangan asal hewan yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).

“Selain itu untuk mendata para pelaku usaha yang masih aktif dan memotong di dalam RPH. Sekaligus memberikan pelatihan lapangan kepada para calon dokter hewan tentang fungsi RPH dan persyaratan pemotongan ternak ruminansia,” katanya.

Hasil pengawasan dan pendataan ternak ruminansia di RPH Leces adalah para jagal memotong sapi jantan, pemeriksaan post mortem diperoleh daging layak dikonsumsi masyarakat serta para jagal di RPH Leces sudah sesuai dengan syariah Islam dalam memotong ternak. (wan)

cww trust seal