Sunday, April 5, 2020
Depan > Kemasyarakatan > DPKH Lakukan Pengawasan dan Pembinaan Unit Usaha Pangan Asal Hewan

DPKH Lakukan Pengawasan dan Pembinaan Unit Usaha Pangan Asal Hewan

Reporter : Syamsul Akbar
KRUCIL – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo melakukan pengawasan dan pembinaan unit usaha pangan asal hewan di TPS 2 Krucil, Selasa (21/5/2019).

Dasar hukum kegiatan ini Undang-undang (UU) Nomor 18 Tahun 2009 jo UU Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Peternakan dan Keswan, Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2012 Tentang Kesmavet dan Kesrawan serta Permentan Nomor 381 Tahun 2005 Tentang Pedoman Serifikasi NKV dan Unit Usaha Pangan Asal Hewan.

Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Endang Sri Wahyuni melalui Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner drh. Nikolas Nuryulianto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk melihat persiapan TPS 2 Krucil dalam mengikuti lomba TPS tingkat kab/kota se-Jawa Timur tahun 2019 serta memfasilitasi TPS 2 Krucil untuk memperoleh NKV tahun 2019.

“Selain itu, memberikan pembinaan pada pengurus KUD Argopuro Krucil terkait rumah susu untuk memperoleh NKV dari Dinas Peternakan Jawa Timur dan halal dari MUI Provinsi Jawa Timur. Sekaligus melakukan pemeriksaan lapangan terhadap rumah susu terkait pengajuan NKV dan sertifikat halal,” katanya.

Menurut Niko, harapan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo tahun ini ada penambahan sertifikat NKV yang diperoleh Kabupaten Probolinggo terkait unit usaha pangan asal hewan. “Disamping juga label halal dari MUI Provinsi Jawa Timur untuk rumah susu,” jelasnya.

Sementara Kepala Bidang Prasarana dan Binus DPKH Kabupaten Probolinggo drh. Yukti Widiatmaningsih berharap administrasi TPS dipersiapkan lebih baik dalam menyambut Tim Penilai Lomba TPS Provinsi Jawa Timur. (wan)

cww trust seal