Tuesday, November 24, 2020
Depan > Kemasyarakatan > DPKH Gelar Temu Usaha Peternak Ayam Broiler

DPKH Gelar Temu Usaha Peternak Ayam Broiler

Reporter : Mujiono
DRINGU – Dalam rangka mewujudkan sistem rantai agrobisnis hulu-hilir untuk memperkuat daya saing peternak, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo menggelar temu usaha peternak ayam broiler (ayam potong) dan pengusaha pemotongan ayam, Rabu (23/10/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peternak ayam broiler dan pengusaha pemotongan ayam di Kabupaten Probolinggo. Sebagai fasilitator adalah Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Bina Usaha DPKH Kabupaten Probolinggo Amir Syarifuddin.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Bina Usaha DPKH Kabupaten Probolinggo Amir Syarifuddin mengungkapkan kegiatan temu usaha ini dimaksudkan untuk menjalin silaturahim dan membahas permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh peternak dan pengusaha pemotongan ayam di Kabupaten Probolinggo.

“Tujuan dari temu usaha peternak ayam broiler ini adalah untuk mempererat hubungan dan kemungkinan kerjasama membangun rantai agrobisnis demi terwujudnya kestabilan usaha beternak ayam broiler,” katanya.

Hasil dari pertemuan tersebut terjadi kesepakatan membentuk komunitas peternak unggas Kabupaten Probolinggo dengan harapan mampu menguatkan bargaining position peternak broiller sehingga mempunyai nilai tawar yang tinggi kepada perusahaan kemitraan.

“Selain itu, komunitas menjadi wadah komunikasi antar peternak dan pengusaha pemotongan ayam serta pembina Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo serta memudahkan peternak membangun rantai agrobisnis ayam broiler,” harapnya.

Sebelumnya, Selasa (22/10/2019) DPKH Kabupaten Probolinggo juga menggelar temu usaha peternak ayam joter (Jowo Super). Kegiatan ini dihadiri komunitas peternak ayam joper, koordinator desa program bekerja dan kelompok santri tani milenial, pengusaha pemotongan ayam, pengusaha pupuk organik dan tanaman organik. (y0n)

cww trust seal