Sunday, December 15, 2019
Depan > Kemasyarakatan > DPKH Data dan Periksa Hewan Ternak

DPKH Data dan Periksa Hewan Ternak

Reporter : Syamsul Akbar
BANYUANYAR – Pendataan dan pemeriksaan hewan ternak jelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo berlanjut di Pasar Ternak Banyuanyar, Rabu (7/8/2019).

Dalam kesempatan kali ini, petugas DPKH Kabupaten Probolinggo juga melakukan kegiatan berupa pemeriksaan umur sapi, domba dan kambing. Serta pendataan para penjual hewan tersebut.

Kegiatan kali ini dipimpin oleh Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, pengolahan dan pemasaran DPKH Kabupaten Probolinggo drh. Yukti Widiatmaningsih didampingi Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner drh. Nikolas Nuryulianto, Korwil IV dan Korcam Banyuanyar.

Dasar hukum kegiatan ini adalah Undang-undang (UU) Nomor 18 Tahun 2009 jo UU Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 95 Nomor 2012 Tentang Kesmavet dan Kesrawan dan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 114 Nomor 2014 Tentang Hewan Qurban.

Plt Kepala Pasar Banyuanyar Suarno mengatakan bahwa di pasar ternak Banyuanyar biasanya ada sekitar 250 ekor domba/kambing yang masuk ke pasar ternak. “Sedangkan sapi ada sekitar 500 ekor,” katanya.

“Harga domba dan kambing bervariasi dari Rp. 800.000 hingga Rp. 5.500.000 dari umur di bawah 1 tahun sampai di atas 2 tahun. Sedangkan sapi jenisnya ada sapi Madura dan sapi Limousin dengan harga bervariasi dari Rp. 6.500.000 hingga Rp. 9.000.000 saat kegiatan berlangsung,” kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, pengolahan dan pemasaran DPKH Kabupaten Probolinggo drh. Yukti Widiatmaningsih.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan tersebut petugas DPKH juga menempelkan stiker di kios daging dan pemberian leaflet kepada para penjual/pemilik sapi. “Dengan masyarakat mengetahui adanya aturan terkait stop pemotongan betina produktif dan penanganan hewan qurban,” ujar Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner DPKH Kabupaten Probolinggo drh. Nikolas Nuryulianto. (wan)

cww trust seal