Saturday, July 4, 2020
Depan > Kemasyarakatan > DPKH Check List Pra NKV Rumah Susu, TPS Tambelang 2 dan Bermi

DPKH Check List Pra NKV Rumah Susu, TPS Tambelang 2 dan Bermi

Reporter : Syamsul Akbar
KRUCIL – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo melakukan check list pra NKV (Nomor Kontrol Veteriner) rumah susu, TPS (Tempat Penampungan Susu) Tambelang 2 dan Bermi Kecamatan Krucil, Rabu (4/3/2020).

Dasar hukum kegiatan ini adalah Undang-undang (UU) Nomor 18 Tahun 2009 jo UU Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas UU Nomor 18 Tahun 2009 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 95 Tahun 2012 Tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan serta Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) RI Nomor 381 Tahun 2005 Tentang Pedoman Sertifikasi Nomor Kontrol Veteriner (NKV).

Check list pra NKV ini dipimpin oleh Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) DPKH Kabupaten Probolinggo drh. Nikolas Nuryulianto didampingi Korwil 1 (satu) drh. Arafi. “Check list NKV Rumah Susu, TPS Tambelang 2 dan Bermi ini bertujuan untuk menjamin hiegine sanitasi pangan asal hewan sehingga aman dikonsumsi oleh masyarakat,” kata Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Yahyadi melalui Kasi Kesmavet drh. Nikolas Nuryulianto.

Hasil check list pra NKV yang dilakukan oleh Kasi Kesmavet DPKH Kabupaten Probolinggo ini harus segera ditindaklanjuti oleh rumah susu dan TPS sehingga nantinya akan diusulkan ke Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur untuk dilakukan audit NKV.

Menurut Niko, Kabupaten Probolinggo saat ini sudah memiliki unit usaha ber NKV level 1 yaitu CV Arya Agro Wijaya Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura tahun 2017, level 2 (dua) TPS Krucil 1 tahun 2018 dan TPS Krucil 2 tahun 2019 serta PT Surya Jaya Abadi Perkasa tahun 2019. “Harapan kami di tahun 2020 juga akan bertambah unit usaha produk hewan/pangan asal hewan yang ber NKV,” harapnya. (wan)

cww trust seal