Tuesday, February 25, 2020
Depan > Kemasyarakatan > DLH Serahkan Penghargaan Adiwiyata dan Desa/Kelurahan Berseri

DLH Serahkan Penghargaan Adiwiyata dan Desa/Kelurahan Berseri

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo menyerahkan penghargaan kepada para pemenang Adiwiyata dan Lomba Desa/Kelurahan Berseri tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2019. Penghargaan ini diserahkan di sela-sela kegiatan car free day di Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan, Minggu (13/10/2019) pagi.

Penghargaan Adiwiyata tahun 2019 ini diserahkan oleh Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono dan Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari.

Turut hadir dalam penyerahan penghargaan Adiwiyata tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2019 ini Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi suaminya yang juga anggota DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Untuk penghargaan Adiwiyata diberikan kepada SDN Muneng Leres 01 Kecamatan Sumberasih, SMP Taruna Islam Al-Kautsar Kecamatan Kraksaan, SDN Kedungdalem 01 Kecamatan Dringu, SMPN 3 Maron Kecamatan Maron, SDN Pabean Kecamatan Dringu, SDN Pesisir 02 Kecamatan Sumberasih, SDN Sumurmati 02 Kecamatan Sumberasih, SMA Miftahul Anwar Kecamatan Kraksaan, MI Nahdlatul Ulama Kecamatan Kraksaan, SDN Mentor 02 Kecamatan Sumberasih, SDN Kedungdalem 02 Kecamatan Dringu dan SDN Banjarsari 03 Kecamatan Sumberasih.

Selanjutnya untuk penghargaan Desa/Kelurahan Berseri Tahun 2019, juara 1 diraih Desa Kalirejo Kecamatan Dringu, juara 2 diraih Desa Brani Kulon Kecamatan Maron dan juara 3 diraih Desa Sumberbendo Kecamatan Sumberasih.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan bagi pemenang lomba film dokumenter bidang lingkungan hidup tahun 2019, tingkat SMP sederajat diraih oleh SMP Bhakti Pertiwi kategori Film Dokumenter Terbaik dan SMPN 1 Tongas kategori Film Dokumenter dengan Penyutradaraan Terbaik serta tingkat SMA sederajat diraih MAN 1 Probolinggo kategori Film Dokumenter Terbaik dan SMKN 1 Kraksaan kategori Film Dokumenter dengan Penyutradaraan Terbaik.

Penghargaan juga diberikan kepada Corpoate Social Responsibilty (CSR) perusahaan kepada CSR PT POMI Paiton Energy dan PT PJB Paiton. Untuk penghargaan Desa/Kelurahan Berseri, lomba film dokumenter serta CSR perusahaan diserahkan oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari.

Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari mengungkapkan piagam penghargaan Adiwiyata, Desa/Kelurahan Berseri dan Program Kampung Iklim (Proklim) sebenarnya menjadi tujuan kedua. Karena hal itu hanya bentuk support bagi desa yang sudah dan belum mendapatkan penghargaan.

“Yang ingin kami capai adalah bagaimana sekolah dan desa itu menjaga lingkungannya agar supaya tetap bersih dan sehat. Sehingga persoalan kebersihan, kesehatan dan persampahan, bagaimana di tingkat sekolah dan desa memiliki kepedulian dan kesadaran yang disampaikan kepada masyarakat agar supaya tidak membuang sampah pada tempatnya yang tidak benar. Inilah sebenarnya hakekat dari penghargaan Adiwiyata, Lomba Desa/Kelurahan Berseri serta Proklim,” katanya. (wan)

cww trust seal