Tuesday, August 11, 2020
Depan > Kemasyarakatan > DKPP Serahkan Bantuan Hibah Delapan Unit Kendaraan Roda Tiga

DKPP Serahkan Bantuan Hibah Delapan Unit Kendaraan Roda Tiga

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo menyerahkan bantuan hibah berupa 8 (delapan) unit kendaraan roda tiga kepada 8 (delapan) kelompok tani (poktan) di Kabupaten Probolinggo. Kegiatan peningkatan pasca panen melalui program peningkatan produksi bahan baku ini dialokasikan dari anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2020.

Ke delapan poktan tersebut diantaranya Poktan Sumber Jaya Kecik Desa Kecik Kecamatan Besuk, Poktan Rukun Tani Jaya Desa Besuk Agung Kecamatan Besuk, Poktan Cemara Desa Talkandang Kecamatan Kotaanyar, Poktan Harapan Jaya Kabuaran Kotaanyar Desa Kotaanyar Kecamatan Kotaanyar, Poktan Lamur Jaya Desa Jatiurip Kecamatan Krejengan, Poktan Sumber Pangan Opo-opo Desa Opo-opo Kecamatan Krejengan, Poktan Suka Maju Satu Wonorejo Desa Wonorejo Kecamatan Wonomerto dan Poktan Sumber Rejeki Lima Desa Sepuhgembol Kecamatan Wonomerto.

Kepala DKPP Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono mengatakan bantuan hibah kendaraan roda tiga ini bertujuan agar pembiayaan bagi petani tembakau bisa ditekan sedemikian rupa sehingga daya saingnya tinggi.

“Misalnya biaya untuk rajangan lokal dengan penggunaan mesin rajangan bagi pasca panen sudah tinggi. Dengan adanya kendaraan roda tiga ini biaya produksi bisa dihemat. Kata akhirnya dengan biaya rendah, kualitasnya tetap tinggi dan bisa meningkatkan daya saingnya,” katanya.

Menurut Nanang, setiap tahun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo selalu istiqomah berupaya menekan biaya produksi. Khususnya pasca panen biayanya ditekan dengan cara memberikan sarana prasarana yang diperlukan oleh para petani tembakau yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Dari analisa sementara, pemberian kendaraan roda tiga ini mampu menghemat biaya produksi yang cukup besar. Dari yang awalnya manual dengan menggunakan tenaga pikul, sekarang bisa lebih efektif dan efisien dengan menggunakan kendaraan roda tiga untuk mengangkut hasil panen tembakaunya,” jelasnya.

Nanang menerangkan bantuan hibah kendaraan roda tiga ini diberikan kepada petani yang berada di wilayah tembakau di Kabupaten Probolinggo, mempunyai badan hukum serta dikelola oleh kelompok tani.

“Secara teknis, penggunaan kendaraan roda tiga ini sangat fleksibel. Jangkauannya lebih luas karena bisa masuk ke jalan-jalan persawahan sempit. Tentunya akan lebih maksimal dalam melakukan penanganan pasca panen tembakau,” tegasnya.

Dengan bantuan hibah kendaraan roda tiga ini Nanang mengharapkan agar dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan kelompok. Ini aset pemerintah yang memang harus dipelihara dan dirawat dengan sebaik mungkin agar bisa dimanfaatkan dalam waktu lama.

“Pemberian bantuan hibah kendaraan roda tiga ini merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi dari Pemerintah Daerah agar benar-benar dapat meningkatkan kesejahteraan petani tembakau yang ada di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal