Monday, December 9, 2019
Depan > Kemasyarakatan > DKPP Berikan Pelatihan Pengolahan Bahan Pangan Lokal

DKPP Berikan Pelatihan Pengolahan Bahan Pangan Lokal

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan pengolahan bahan pangan lokal di Desa Selogudig Wetan Kecamatan Pajarakan, Senin (7/10/2019).

Kegiatan yang diikuti oleh 20 orang kader Tim Penggerak PKK Desa Selogudig Wetan Kecamatan Pajarakan ini merupakan kegiatan pembinaan dan ketrampilan kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat melalui usaha pengolahan bahan pangan potensi lokal yang didanai oleh Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2019.

Dalam pelatihan pengolahan bahan pangan lokal ini, puluhan kader PKK tersebut dilatih pembuatan susu jagung manis, putu ayu kelor dan bolu pisang kukus dengan bahan lokal dari pisang, jagung dan kelor. Dipilihnya ketiga bahan pangan lokal tersebut karena mudah didapat dan mempunyai gizi yang tinggi.

Kepala DKPP Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono melalui Kasi Distribusi Pangan Nanang Setyodjatmiko mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi pembuatan pengolahan bahan pangan lokal bagi kader-kader PKK desa. “Selain itu untuk meningkatkan ketrampilan bagi ibu-ibu PKK dalam mengolah bahan pangan lokal,” katanya.

Melalui pelatihan ini Nanang mengharapkan agar nantinya mampu meningkatkan ketrampilan dalam mengolah bahan pangan serta menambah pendapatan dengan memanfaatkan bahan pangan lokal untuk selanjutnya bisa dipasarkan untuk menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Harapannya, setelah pelatihan ini mereka bisa terus praktik dan mengembangkan ilmu yang sudah didapat selama pelatihan.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar lebih memanfaatkan bahan pangan lokal untuk dijadikan sebagai sumber gizi keluarga dengan diolah menjadi olahan tradisional yang variatif. Sehingga nantinya mampu memenuhi kebutuhan gizi masyarakat,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal