Sunday, January 26, 2020
Depan > Informasi Layak Anak > Disporaparbud Gelar Workshop Bahaya Narkoba Bagi Pemuda

Disporaparbud Gelar Workshop Bahaya Narkoba Bagi Pemuda

Reporter : Mujiono
TONGAS – Untuk menyelamatkan generasi muda pada bahaya narkoba, Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo menggelar workshop bahaya narkoba bagi pemuda, Kamis (26/12/2019) di halaman Kantor Desa Dungun Kecamatan Tongas.

Kegiatan yang diikuti oleh generasi muda dari Karang Taruna, Gerakan Pemuda Ansor, guru pendidik, tokoh agama dan tokoh masyarakat, khususnya di Desa Dungun Kecamatan Tongas ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko.

Selama kegiatan, para peserta mendapatkan materi dari beberapa narasumber. Yakni, Kasat Narkoba Polresta Probolinggo AKP Suharsono, Peni Endah dari Puskesmas Tongas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo serta Ipda S. Arifin mewakili dari P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) Kabupaten Probolinggo.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan persoalan yang dapat merusak jiwa generasi muda adalah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya (NAPZA). “Dampak bahaya dan korban narkoba semakin tahun mengalami peningkatan serta membahayakan terhadap perkembangan perkembangan generasi muda,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo telah bertekad bulat melakukan penanganan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba secara dini. Sebab penyalahgunaan narkoba membawa dampak buruk bagi kesehatan yang menyerang pada syaraf otak. Melalui pembinaan ini nantinya diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada anak-anak khususnya di lembaga pendidikan tentang bahaya narkoba.

“Para peserta ini merupakan pelopor yang telah dipercaya dan diamanahi melaksanakan suatu gerakan untuk mengatasi dan menanggulangi narkoba terhadap para generasi muda. Seorang generasi muda penerus bangsa melalui pemahaman bahaya narkoba ini diharapkan dapat menyelamatkan jiwa generasi muda khususnya di Desa Dungun Kecamatan Tongas,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Timbul didampingi Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto dan 3 (tiga) orang narasumber menandatangani pencanangan kampung anti narkoba pada 5 (lima) desa di Kecamatan Tongas. Yakni, Desa Dungun, Desa Bayeman, Desa Curah Dringu, Tongas Wetan dan Tongas Kulon. (y0n)

cww trust seal