Tuesday, October 27, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Disporaparbud Gelar Seleksi Pemuda Pelopor Tahun 2019

Disporaparbud Gelar Seleksi Pemuda Pelopor Tahun 2019

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dalam upaya mengapresiasi hasil karya/inovasi dan kreativitas pemuda yang berdampak positif terhadap masyarakat serta memiliki nilai kepeloporan, Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo melakukan seleksi dan pembinaan pemuda pelopor tahun 2019. Kegiatan ini mengambil tema “Wujudkan Kemandirian Pemuda Melalui Kepeloporan Pemuda”.

Lingkup bidang kepeloporan mengacu terhadap pedoman pelaksanaan pemilihan pemuda pelopor tahun 2019. Meliputi, Bidang Pendidikan, Bidang Agama, Sosial dan Budaya, Bidang Pengelolaan Sumberdaya Alam, Lingkungan dan Pariwisata, Bidang Pangan dan Bidang Inovasi Teknologi. Nantinya pemuda pelopor yang terpilih akan diusulkan untuk mengikuti seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Tahap penjaringan dilakukan berdasarkan usulan nama calon Pemuda Pelopor dari intansi pemerintahan/organisasi kepemudaan/organisasi masyarakat. Selambat-lambatnya tanggal 31 Mei 2019 dengan cara mendaftar langsung ke Disporaparbud Kabupaten Probolinggo atau melalui email : rhidayat77f@yahoo.co.id. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sdr Moh Arif di 085234320554.

Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto melalui Kasi Kepemudaan dan Kepramukaan Mochamad Arif mengatakan seleksi Pemuda Pelopor ini bertujuan menggelorakan semangat kepeloporan di kalangan pemuda serta menemukenali pemuda yang memiliki potensi kepeloporan.

“Selain itu, mewujudkan pemuda yang berkemampuan merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan dan memberikan jalan keluar atas berbagai masalah. Disamping, memberikan penghargaan kepada para pemuda yang dinilai telah memenuhi persyaratan dan kriteria sebagai Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

Untuk mengikuti kegiatan ini jelas Arif, persyaratannya meliputi warga Negara Indonesia usia 16 sampai 30 tahun, tidak pernah melakukan perbuatan tercela atau merugikan masyarakat dan atau lingkungan, dibuktikan dengan Surat Keterangan dari kepolisian setempat, belum pernah memperoleh penghargaan kepeloporan tingkat nasional dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

“Disamping, tidak sedang mengikuti proses pemilihan prestasi tingkat nasional bidang-bidang yang diprogramkan Kementerian Pemuda dan Olahraga, memiliki karya nyata actual bidang kepeloporan dan dilaksanakan secara konsisten serta dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, mampu memberikan nilai tambah pada aspek kehidupan masyarakat dan kepeloporan yang dicapai telah dirintis minimal 1 (satu) tahun,” jelasnya.

Berkas usulan calon pemuda pelopor berbentuk profil berisi pendahuluan (latar belakang kegiatan, biodata, maksud dan tujuan kegiatan serta mekanisme kegiatan), uraian kegiatan serta gambaran dampak yang dirasakan oleh masyarakat serta penutup. Lampirannya meliputi pas foto ukuran 4×6 berwarna 2 lembar, foto copy KTP, foto copy akte kelahiran, foto copy ijazah terakhir, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), foto copy piagam penghargaan/sertifikat, berkas-berkas kelengkapan sesuai dengan kegiatan kepeloporan serta foto kegiatan.

“Tahap seleksi administrasi dan interview masing-masing bidang kepeloporan akan dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Juni 2019 mulai pukul 09.00 WIB di Kantor Disporaparbud Kabupaten Probolinggo. Tahap penilaian lapangan (facf fanding) dilaksanakan pada tanggal 13 hingga 15 Juni 2019,” tegasnya.

Melalui kegiatan ini Arif mengharapkan nantinya terseleksi calon pemuda pelopor yang memiliki potensi kepeloporan dalam bidang-bidang yang telah ditetapkan serta terpilihnya pemuda-pemuda pelopor yang memiliki karya nyata berkualitas di bidang kepeloporan didasarkan pada kecerdasan, kreatif, kepribadian, jiwa kegotongroyongan dan kemandirian. “Disamping meningkatkan potensi kepeloporan pemuda dalam berbagai bidang berbasis isu-isu strategis dan sumber daya lokal,” harapnya. (wan)

cww trust seal