Thursday, November 26, 2020
Depan > Pemerintahan > Dispersip Gelar Workshop Peningkatan Layanan Kearsipan

Dispersip Gelar Workshop Peningkatan Layanan Kearsipan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka peningkatan kualitas layanan kearsipan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan modernisasi sistem kearsipan daerah berupa workshop peningkatan layanan kearsipan di ruang Pustakaloka Kantor Dispersip Kabupaten Probolinggo, Senin dan Selasa (9-10/12/2019).

Program perbaikan sistem administrasi kearsipan diikuti peserta yang terdiri dari arsiparis serta pejabat dan staf lingkungan kearsipan Dispersip Kabupaten Probolinggo. Tidak ketinggalan pula dari Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini dihadiri narasumber Taufiq Ismail dan Irwanto Eko Saputro dari ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia). Materi yang diberikan diantaranya pengenalan SIKD (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis) serta pengelolaan arsip berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo dr. Endang Astuti melalui Kasi Arsip Statis Mirza Surya Adhitama mengatakan di era revolusi industri 4.0 semua sudah menggunakan TIK, tidak terkecuali di bidang kearsipan.

“Hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 95 Tahun 2018 Tentang SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik), bahwa kearsipan harus menggunakan TIK,” katanya.

Menurut Mirza, layanan kearsipan berbasis TIK akan memudahkan pengelola arsip dalam hal pengaturan klasifikasi arsip, penetapan JRA (Jadwal Retensi Arsip), pengaturan berkas, pengelolaan surat (registrasi, disposisi, nota dinas, history surat serta tracking/pencarian surat), penyusutan dan pelaporan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan akan aplikasi SPBE bidang kearsipan sehingga kualitas layanan kearsipan bisa lebih efektif, efisien dan transparan,” harapnya. (wan)

cww trust seal