Saturday, December 7, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Dispersip Gelar Rakor Dukungan dan Komitmen Kearsipan OPD

Dispersip Gelar Rakor Dukungan dan Komitmen Kearsipan OPD

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat koordinasi (rakor) dukungan dan komitmen kearsipan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Paiton Resort Hotel, Kamis (17/10/2019).

Kegiatan yang diikuti oleh 64 orang peserta terdiri dari 40 OPD dan 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo ini dihadiri narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Jawa Timur.

Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo Endang Astuti mengatakan seiring dengan diberlakukanya Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan yang merupakan suatu kegiatan yang berkenaan dengan arsip. Kemudian untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan kearsipan sesuai dengan kewenangan dan tanggung jawabnya, maka Pemkab perlu melakukan kegiatan rapat koordinasi dukungan dan komitmen kearsipan OPD di lingungan Pemkab Probolinggo, baik dari sisi teknis operasional maupun manajerial.

“Dengan demikian, ke depan diharapkan urusan kearsipan di Kabupaten Probolinggo dapat dilaksanakan secara sistemik, sesuai dengan prinsip-prinsip dan kaidah/norma kearsipan serta peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Menurut Endang, pengelolaan kearsipan merupakan tanggung jawab setiap lembaga yang berada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo, yang mana semua arsip-arsip yang diciptakannya akan lebih tertata dan tertib sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

“Oleh karena itu, dengan kegiatan ini diharapkan setiap lembaga pemerintah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo terus membenahi pengelolaan dan penataan arsip utamanya arsip aktif, arsip in aktif dan arsip vital, termasuk di dalamnya penyediaan sarana dan prasarana pengelolaan arsip di lingkungan keria masing-masing sehingga arsip dapat menjadi bukti akuntabilitas kinerja OPD serta mendukung dalam peningkatan kualitas layanan publik.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Probolinggo Endang mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan rapat koordinasi dukungan dan komitmen kearsipan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. “Saya berharap agar hasil rakor ini dapat meningkatkan pengelolaan arsip di lembaga masing-masing,” harapnya. (wan)

cww trust seal