Monday, November 18, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Dispersip Gelar Rakor Aplikasi Sistem Kearsipan

Dispersip Gelar Rakor Aplikasi Sistem Kearsipan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebagai upaya kegiatan Modernisasi Sistem Kearsipan Daerah (MSKD), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat koordinasi (rakor) aplikasi sistem kearsipan secara elektronik (e-arsip), Kamis (10/10/2019).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo Endang Astuti didampingi Kepala Bidang Arsip Chrisna Wahyuningsih ini diikuti oleh 65 orang peserta dari seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan kecamatan di Kabupaten Probolinggo.

Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Riski Novian dari CV Indah Karya (Konsultan Aplikasi, Perangkat Lunak dan Website) dengan materi Menuju Probolinggo Smart City.

Kasi Arsip Statis Dispersip Kabupaten Probolinggo Saihu Nurul Hasan mengungkapkan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan sosialisasi tentang aplikasi sistem kearsipan (e-arsip) kepada pengelola arsip di masing-masing OPD dan kecamatan di Kabupaten Probolinggo.

“Tujuannya agar unit kearsipan dapat memanajemen arsip inaktif, membuat pengelolaan kearsipan pada unit kearsipan terstruktur secara rapi serta dapat mengakses data arsip yang telah diserahkan kepada kantor lembaga pengelola arsip (Dispersip Kabupaten Probolinggo),” ungkapnya.

Sementara Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo Endang Astuti mengatakan dengan diselenggarakannya rapat koordinasi ini maka target program Dispersip Kabupaten Probolinggo khususnya dapat tercapai untuk menuju Probolinggo Smart City.

“Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dapat meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik khususnya di bidang kearsipan,” katanya. (wan)

cww trust seal