Friday, September 20, 2019
Depan > Pemerintahan > Dispersip Gelar Rakor Akuisisi Arsip

Dispersip Gelar Rakor Akuisisi Arsip

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat koordinasi (rakor) akuisisi arsip, Senin (11/3/2019) di ruang Pustakaloka Dispersip Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini diikuti oleh 70 orang peserta terdiri dari 29 peserta dari OPD, 20 peserta dari kecamatan, 5 peserta dari kelurahan, 2 peserta dari perusahaan daerah dan 10 peserta dari bidang kearsipan. Narasumber adalah Arsiparis dari Dispersip Kabupaten Probolinggo.

Kasi Arsip Statis Dispersip Kabupaten Probolinggo Saihu Nurul Hasan mengungkapkan kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya penyelamatan dokumen/arsip perangkat daerah, mewujudkan tercipta dan tersedianya arsip di seluruh perangkat daerah serta terwujudnya pengelolaan arsip yang baik (dari segi pengamanan dan pelestarian) melalui pemindahan dan atau penyerahan dari pencipta arsip ke lembaga kearsipan.

“Harapannya pelaksanaan akuisisi di OPD bisa terlaksana dan OPD paham arsip-arsip apa saja yang harus diserahkan ke lembaga kearsipan sehingga tujuan akuisisi dalam rangka penyelamatan arsip statis bisa tercapai,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo dr. Endang Astuti melalui Kepala Bidang Arsip Chrisna Wahyuningsih mengharapkan melalui rakor akuisisi arsip ini nantinya dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat untuk semua.

“Semoga kegiatan ini dapat dijadikan pedoman untuk melaksanakan pengelolaan kearsipan di masing-masing OPD, kecamatan, kelurahan, UPTD Puskesmas dan perusahaan daerah yang ada di Kabupaten Probolinggo,” harapnya. (wan)