Tuesday, August 11, 2020
Depan > Pendidikan > Dispersip Gelar Lomba Mewarnai Tingkat TK/RA

Dispersip Gelar Lomba Mewarnai Tingkat TK/RA

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Tahun 2019, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo menggelar lomba mewarnai tingkat TK/RA se-Kabupaten Probolinggo, Sabtu (28/9/2019).

Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga digelar lomba mendongeng bagi guru dan masyarakat umum serta lomba mewarnai tingkat SD kerja sama antara Dispersip Kabupaten Probolinggo dengan penerbit Nebula Comic.

Sebagai dewan juri untuk lomba mewarnai tingkat TK/RA terdiri dari Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo, Praktisi Seni Kabupaten Probolinggo serta Pustakawan Dispersip Kabupaten Probolinggo. Sementara juri lomba mewarnai tingkat SD serta lomba mendongeng bagi guru dan masyarakat umum ditentukan oleh penerbit Nebula Comic.

Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo dr. Endang Astuti mengungkapkan lomba mewarnai ini digelar sebagai bentuk dukungan bagi guru dan siswa agar gemar membaca dan senang berkunjung ke perpustakaan. “Kami berharap dengan kemampuan anak dalam mewarnai, mereka dapat terasah kemampuan motoriknya,” ungkapnya.

Dengan kegiatan ini Endang mengharapkan akan dapat mendukung program wajib belajar dan membangun masyarakat yang gemar membaca. “Kesadaran akan pentingnya membentuk kebiasaan membaca dan menciptakan masyarakat gemar membaca pada gilirannya akan berperan dalam menjunjung upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan secara khusus meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Menurut Endang, kegiatan ini mempunyai tujuan membangkitkan minat baca tulis masyarakat dalam upaya mewujudkan terciptanya masyarakat gemar membaca, gemar menulis dan gemar belajar. “Secara khusus, kegiatan ini dimaksudkan menumbuhkan kebiasaan membaca masyarakat sehingga membaca bisa menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam hidupnya,” tegasnya.

Selain lomba mewarnai, dalam kesempatan tersebut juga disajikan literasi wirausaha (Gelar Lapak Kreatif Pelaku Usaha Kecil di Kabupaten Probolinggo). Dengan adanya literasi wirausaha ini diharapkan masyarakat juga mengenal. “Harapannya agar peserta maupun orang tua pendamping lomba mengetahui produk-produk lokal milik masyarakat Kabupaten Probolinggo, tentunya dengan harga terjangkau,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal