Friday, November 22, 2019
Depan > Pemerintahan > Dispersip Berikan Pembinaan Pengelolaan Kearsipan Tingkat Desa

Dispersip Berikan Pembinaan Pengelolaan Kearsipan Tingkat Desa

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebagai upaya melaksanakan program penyelamatan dan pelestarian dokumen/arsip daerah melalui kegiatan pengelolaan dan preservasi arsip tingkat desa, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo melaksanakan pembinaan pengelolaan kearsipan tingkat desa di beberapa desa di Kabupaten Probolinggo.

Dari target 40 desa tahun ini, hingga akhir Juni 2019 sudah terealisasi sebanyak 32 desa. Dengan demikian masih tersisa 8 (delapan) desa yang akan dibina hingga akhir 2019 mendatang. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk monitoring dan evaluasi (monev) pengelolaan arsip tingkat desa.

Kegiatan pembinaan pengelolaan kearsipan tingkat desa ini diikuti oleh kepala desa, perangkat desa serta para pengelola arsip yang ada di setiap desa. Desa-desa yang sudah mendapatkan pembinaan tersebut akan dijadikan sebagai desa binaan secara baku dalam pengelolaan arsip.

Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo dr. Endang Astuti melalui Kepala Bidang Arsip Chrisna Wahyuningsih mengatakan pembinaan tata kelola kearsipan tingkat desa tahun 2019 ini sesuai dengan amanat dari Undang-undang Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Kearsipan dan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Probolinggo Nomor 09 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Kearsipan.

“Pembinaan pengelolaan kearsipan tingkat desa ini bertujuan agar desa tersebut mampu mengelola arsip secara baku sesuai dengan kaidah dan prinsip kearsipan. Sehingga arsipnya dapat tertata dengan baik dan mudah ditemukan kembali,” katanya.

Menurut Chrisna, selama ini desa sudah dapat mengelola arsip dengan baik. Hanya saja masih diperlukan sebuah pembinaan agar bisa tertib arsip dari semua desa yang ada di Kabupaten Probolinggo. Karena kendalanya selama ini pengelola masih belum mengerti dan belum memahami tata cara pengelolaan kearsipan yang ada di desa.

“Ke depan nantinya aka nada Lomba Arsip Desa yang focus utamanya adalah pengelolaan arsip desa. Secara umum arsip bisa tertata dengan baik dan mudah ditemukan kembali sesuai dengan kaidah peraturan perundang-undangan kearsipan,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal