Saturday, November 23, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Disperindag Sosialisasikan Rumah Kemasan

Disperindag Sosialisasikan Rumah Kemasan

Reporter : Syamsul Akbar
BANYUANYAR – Dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk IKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi rumah kemasan di Balai Desa Pendil Kecamatan Banyuanyar, Selasa (24/9/2019).

Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari Rumah Kemasan Kabupaten Probolinggo ini diikuti oleh 25 orang peserta dari unsur IKM yang masih pemula di Desa Pendil Kecamatan Banyuanyar. Serta ada perwakilan IKM juga dari Desa Klenang Lor Kecamatan Banyuanyar.

Dalam kesempatan tersebut, para IKM pemula ini mendapatkan materi tentang pengertian apa saja yang mempengaruhi macam-macam kemasan, produk apa yang cocok kemasannya, manfaat kemasan serta sebagai sarana promosi produk IKM.

Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi melalui Kepala Bidang Perindustrian Sri Edi Lestarini mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi dan memperkenalkan keberadaan rumah kemasan kepada para pelaku IKM pemula.

“Selain itu, untuk memperbaiki kemasan IKM yang belum memahami tentang pentingnya kemasan pada produknya. Sekaligus untuk meningkatkan sinergitas antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Pemerintah Desa dan IKM yang ada di masing-masing desa,” ungkapnya.

Menurut Sri Edi Lestarini, pihaknya berkeinginan agar IKM penghasil ini bisa difasilitasi kemasan sampai bagus dan memahami manfaat dari kemasan. Karena dari kemasan tersebut, nilai tambah produknya akan lebih tinggi.

“Sebab yang akan dilihat pertama kali dari produk IKM adalah kemasannya. Jika kemasannya bagus, maka orang akan langsung tertarik melihatnya. Kemudian dengan sendirinya akan membeli produk IKM tersebut. Begitu juga sebaliknya, jika kemasannya sudah tidak bagus, maka orang akan malas untuk melihat apalagi membelinya,” terangnya.

Melalui kegiatan ini, Sri Edi Lestarini mengharapkan pelaku IKM mau memperbaiki kualitas produknya sehingga dapat menambah penghasilan. Dengan demikian akan merubah perekonomian masyarakat. Sekaligus sirkulasi pembangunan ekonomi di Kabupaten Probolinggo.

“Disamping itu, akan banyak tumbuh IKM baru yang mau berusaha di bidang ekonomi kreatif dengan memanfaatkan potensi daerah masing-masing,” harapnya. (wan)

cww trust seal