Tuesday, August 4, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Disperindag Serahkan Bantuan Hibah 20 Gerobak

Disperindag Serahkan Bantuan Hibah 20 Gerobak

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo menyerahkan bantuan hibah 20 unit gerobak bagi PKL (Pedagang Kaki Lima) di Kabupaten Probolinggo. Ke-20 gerobak itu diserahkan kepada 5 (lima) PKL di Kecamatan Gending, 7 (tujuh) PKL di Kecamatan Krucil dan 8 (delapan) PKL di Kecamatan Kraksaan.

Penyerahan bantuan gerobak tersebut dilaksanakan di Rumah Kemasan Kabupaten Probolinggo di Desa Randuputih Kecamatan Dringu. Kamis (26/12/2019) siang, bantuan gerobak ini diserahkan kepada 7 (tujuh) PKL dari Kecamatan Krucil.

Bantuan hibah gerobak ini diserahkan secara langsung oleh Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi didampingi Kasi Pengembangan Usaha Perdagangan Disperindag Kabupaten Probolinggo Yunita Nur Laili.

Usai diserahkan kepada perwakilan PKL dari Kecamatan Krucil, Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi melihat-lihat dari dekat sarana dan prasarana yang disediakan di gerobak tersebut.

“Pemberian bantuan hibah gerobak ini merupakan salah satu upaya yang diberikan oleh Pemerintah Daerah kepada para pelaku PKL dalam rangka untuk membantu para PKL dalam mempromosikan produknya sehingga bisa semakin diminati oleh masyarakat,” ujar Kasi Pengembangan Usaha Perdagangan Disperindag Kabupaten Probolinggo Yunita Nur Laili.

Sementara Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi mengatakan bantuan hibah gerobak ini diberikan bagi PKL yang ada di Kabupaten Probolinggo dengan harapan bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas dari komoditi yang dijualnya.

“Disamping itu untuk meningkatkan omset dan pendapatannya yang pada gilirannya nanti bisa meningkatkan pendapatan PKL. Jika diberikan sarpras yang bagus, saya kira si pembeli akan tertarik untuk membelinya,” katanya.

Menurut Mahbub, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo terus berkomitmen untuk meningkatkan taraf hidup pedagang kecil yang arahnya pada peningkatan perekonomian sesuai dengan program Nawa Hati pada Pesona Hati untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Mohon kepada para PKL yang ada di Kabupaten Probolinggo untuk bersabar karena tidak bisa sekaligus diberikan bantuan sarana dan prasarana. Sebab kemampuan anggaran yang kita miliki sangat terbatas. Tetapi secara bertahap akan diperbaiki sarpras para PKL,” jelasnya.

Mahbub menambahkan, kewajiban dari PKL penerima bantuan gerobak ini agar dimanfaatkan semaksimal mungkin dan dirawat dengan baik supaya bisa tetap bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Terlebih barangnya kualitasnya sangat bagus. “Kami akan melakukan monitoring secara berkala untuk mengetahui pemanfaatan dari bantuan gerobak ini bagi para PKL yang ada di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal