Friday, November 15, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Disperindag Gelar Bimtek Penguatan Kelembagaan Tenaga Listrik Terbarukan

Disperindag Gelar Bimtek Penguatan Kelembagaan Tenaga Listrik Terbarukan

Reporter : Syamsul Akbar
TIRIS – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo menggelar bimbingan teknis (bimtek) penguatan kelembagaan tenaga listrik terbarukan di Balai Desa Andungbiru Kecamatan Tiris, Selasa (9/7/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang dari unsur masyarakat, perangkat desa dan tokoh masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Tiris. Dalam kesempatan ini, Disperindag menggandeng Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo dan Pakar PLTMH Cipto dari Lumajang.

Kepala Bidang Perindustrian Disperindag Kabupaten Probolinggo Sri Edi Lestarini mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang belum teraliri listrik sehingga mampu beraktivitas karena medan yang sulit dijangkau oleh PLN, maka PTLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) ini yang diandalkan.

“Agar supaya PLTMH ini berjalan secara berkelanjutan maka organisasi yang menangani harus jelas. Maka kita menggandeng Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Probolinggo agar mendampingi dalam pembentukan organisasi yang sehat. Untuk Teknis PLTMH kita menggandeng pakarnya dari Lumajang,” katanya.

Menurut Sri, di wilayah Kecamatan Tiris sudah ada sebanyak 4 (empat) unit PLTMH. Dari jumlah tersebut ada 1 (satu) yang sudah tidak berfungsi karena alatnya yang rusak. Kegiatan semacam ini dilakukan agar masyarakat terpencil dapat menikmati listrik dan dapat beraktivitas di malam hari.

“Melalui kegiatan ini kami mengharapkan agar masyarakat bisa ĺebih meningkatkan perekonomiannya. Selain itu, aset yang sudah ada dapat terpelihara dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat,” harapnya. (wan)

cww trust seal