Wednesday, November 20, 2019
Depan > Pendidikan > Dispendik Sosialisasikan Sekolah Multigrade Bagi Kepala Sekolah Dasar

Dispendik Sosialisasikan Sekolah Multigrade Bagi Kepala Sekolah Dasar

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebagai upaya kegiatan pengembangan kelas layanan khusus, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi sekolah multigrade bagi kepala Sekolah Dasar (SD) di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Senin (4/11/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 91 orang Kepala Sekolah Dasar dan 91 orang guru SD yang tersebar di seluruh Kabupaten Probolinggo. Selama kegiatan mereka mendapatkan materi dari Tim INOVASI Provinsi Jawa Timur dan Fasda Kabupaten Probolinggo.

Puluhan Kepala dan guru SD ini memperoleh materi kebijakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, growth mindset, pemahaman multigrade, menyusun RTL, kunjungan mandiri ke sekolah multigrade serta menulis refleksi.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina melalui Kepala Bidang Pembinaan SD Sri Agus Indariyati mengatakan sosialisasi sekolah multigrade bagi kepala SD ini bertujuan untuk peningkatan mutu pendidikan dengan melaksanakan pembelajaran kelas rangkap (multigrade reaching).

“Selain itu, untuk menindaklanjuti arahan Ibu Bupati Probolinggo dan Ibu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo untuk terus mengembangkan dan mengimplementasikan pembelajaran kelas rangkap (multigrade teaching) serta meningkatkan kompetensi para guru,” katanya.

Menurut Sri Agus Indariyati, dasar hukum kegiatan ini adalah Peraturan Bupati (Perbup) Probolinggo Nomor 18 Tahun 2018 Tentang Sekolah Multigrade. Dengan adanya sekolah multigrade ini diharapkan dapat mengantisipasi kekurangan guru yang ada di Kabupaten Probolinggo. “Sekolah multigrade ini merupakan solusi lain selain melakukan merger sekolah di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal