Thursday, November 26, 2020
Depan > Pendidikan > Dispendik Sosialisasikan Penjaringan Calon Pengawas TK

Dispendik Sosialisasikan Penjaringan Calon Pengawas TK

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) memberikan sosialisasi penjaringan calon pengawas sekolah jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Jum’at (18/9/2020).

Sosialisasi yang merupakan awal dari penjaringan calon pengawas TK ini diikuti oleh 21 orang dari unsur Kepala TK dan guru-guru TK PNS di lingkungan Kabupaten Probolinggo. Secara resmi kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dispendik Kabupaten Probolinggo Sunalis.

Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD, PNF Massajo mengungkapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para calon pengawas, baik persyaratan umum maupun khusus diantaranya berprofesi guru dan bersertifikat, memiliki NUPTK, latar belakang pendidikan S1 pendidikan yang relevan, berkelakuan baik, surat keterangan sehat resmi, tidak sedang dalam menjalani proses hukuman disiplin ASN dan lain-lain.

“Harapannya semoga tahapan-tahapan seleksi calon pengawas, tes dan penilaian substansi dan lain sebagainya berjalan lancar, sukses dan menghasilkan calon pengawas sekolah jenjang TK yang kompeten,” harapnya.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dispendik Kabupaten Probolinggo Sunalis mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi tentang gambaran data kondisi pengawas, kebutuhan, peran tanggung jawab tugas fungsi, peluang dan tantangan sebagai pengawas dalam memajukan pendidikan khususnya di Kabupaten Probolinggo.

“Termasuk kecakapan dalam melaksanakan tugas supervisi, pembinaan bahkan menyusun rencana pembelajaran disaat darurat serta melatih guru terampil dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran,” katanya.

Menurut Sunalis, Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo terus berupaya memenuhi kebutuhan SDM Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) PAUD baik kecukupan guru-guru yang ada di TK Pembina, kepala sekolah, pengawas sekolah jenjang TK, Penilik dan lain sebagainya.

Sedangkan Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi menyampaikan bahwa proses seleksi calon pengawas ini sudah dikonsultasikan dan dikoordinasikan dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) tentang pelaksanaan seleksi substansi yang dilaksanakan secara daring, sehingga tetap melaksanakan proses seleksi administrasi dan tes substansi tetap dengan prosedur dan protokol kesehatan.

“Dari sosialisasi ini diharapkan para peserta bisa memahami tahapan, prosedur dan kelengkapan secara administratif yang harus dipenuhi untuk mengikuti seleksi calon pengawas tahun 2020,” harapnya. (dra)

cww trust seal