Tuesday, February 25, 2020
Depan > Pendidikan > Dispendik Sosialisasikan PAUD Non Formal, Legalitas dan Pendampingan Kelembagaan

Dispendik Sosialisasikan PAUD Non Formal, Legalitas dan Pendampingan Kelembagaan

Reporter : Syamsul Akbar
SUMBER – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi PAUD Non Formal, legalitas dan pendampingan kelembagaan di Pendopo Kecamatan Sumber, Jum’at (14/2/2020).

Sosialisasi ini diikuti oleh para kepala desa (kades) dan sekretaris desa (sekdes) se-Kecamatan Sumber, Kepala PAUD Non Formal, Ketua Himpaudi Kecamatan Sumber dan Pengawas TK Kecamatan Sumber.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Dispendik Kabupaten Probolinggo diantaranya Kepala Bidang Ketenagaan Sunalis, Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) PAUD, PNF Massajo dan Kasi Sarana dan Kelembagaan PAUD, PNF Budi Hermanto, Camat Sumber Rochim, Ketua Himpaudi Kabupaten Probolinggo Khoirul Bariyah dan Ketua IPI Kabupaten Probolinggo Joko Siswantoro.

Sosialisasi dan koordinasi dengan semua pemangku kepentingan dan stakeholder di Kecamatan Sumber secara khusus diagendakan Bidang Ketenagaan Dispendik Kabupaten Probolinggo atas evaluasi dan rencana tindaklanjut program hibah BOSDA PAUD sesuai arahan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi.

“Berdasarkan data penerima BOSDA PAUD bagi PAUD Non Formal di Kecamatan Sumber selama ini belum mendapat akses penerima manfaat BOSDA PAUD. Hal ini terkendala administrasi semua lembaga PAUD Non Formal belum dapat memenuhi ketentuan penerima hibah BOSDA PAUD sesuai regulasi Peraturan Bupati (Perbup) Probolinggo yang ada,” kata Kepala Bidang Ketenagaan Dispendik Kabupaten Probolinggo Sunalis.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Plt Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi melalui Kepala Bidang Ketenagaan Sunalis mengadakan rapat koordinasi bersama Camat Sumber Rochim beserta seluruh stakeholder yang berkenaan dengan penyelenggaraan PAUD Non Formal di Kecamatan Sumber.

Camat Sumber Rochim mengajak tahun 2020 ini untuk bersama-sama mengatasi kendala dan memastikan dukungan terpenuhinya kekurangan teknis dan administrasi pengurusan izin kelembagaan PAUD Non Formal di Kecamatan Sumber.

Kepala Bidang Ketenagaan Dispendik Kabupaten Probolinggo Sunalis memimpin diskusi dan mencarikan solusi. Kades Wonokerto menyampaikan bahwa pihaknya sudah menganggarkan insentif guru PAUD, bantuan APE dan bimbingan teknis (bimtek) atau pendidikan dan pelatihan (diklat) guru PAUD.

Selanjutnya, Sekdes Tukul mengaku sudah siap sejak tahun 2019 untuk mendukung sepenuhnya terhadap PAUD, bahkan sudah dibangun gedung PAUD di atas tanah desa. Himpaudi Kecamatan Sumber menyampaikan terima kasih atas perhatian Dispendik Kabupaten Probolinggo, Camat dan desa. Harapannya semoga benar-benar terealisasi harapan yang sejak lama menanti dan tetap semangat dengan semua guru PAUD yang ada walaupun selama ini masih banyak kendala.

Kemudian salah satu guru PAUD Non Formal Desa Sumber mengharapkan agar keberadaan PAUD semakin diperhatikan dan mengucapkan terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk menyampaikan uneg-uneg dan curhat agar PAUD Kecamatan Sumber bisa sama dengan PAUD kecamatan lainnya.

Menyikapi beberapa pertanyaan dan harapan tersebut, Kasi PTK PAUD, PNF Dispendik Kabupaten Probolinggo Massajo menyimpulkan bahwa semua sangat optimis dengan hasil rakor ini dengan harapannya dapat segera ditindaklanjuti dengan mencukupi semua persyaratan teknis dan administrasi kelembagaan PAUD.

“Kami bimtek atau workshop dan pendampingan bagi PAUD yang tidak aktif karena tidak ada guru PAUD-nya. Semuanya dibantu desa dengan merekrut kader desa terbaik pilihan kepala desa. Mari bangun terus komunikasi secara intensif dengan media dan alat komunikasi yang ada. Harapannya tahun ini, 9 (sembilan) desa PAUD Non Formalnya dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal