Friday, November 15, 2019
Depan > Pendidikan > Dispendik Sosialisasikan Gerakan Literasi Sekolah

Dispendik Sosialisasikan Gerakan Literasi Sekolah

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Senin (30/9/2019) di aula Dispendik Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini diikuti oleh 105 orang peserta yang merupakan Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) di 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. Secara resmi kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina melalui Kepala Bidang Pembinaan SD Sri Agus Indariyati.

Kasi Kurikulum dan Penilaian SD Dispendik Kabupaten Probolinggo Nurohma Afrianti mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan Peraturan Bupati (Perbup) Probolinggo Nomor 62 Tahun 2018 Tentang Gerakan Literasi Kabupaten. “Diharapkan semua guru bisa mengimplementasikan Perbup ini dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina melalui Kepala Bidang Pembinaan SD Sri Agus Indariyati mengharapkan agar kegiatan ini menjadi pemacu untuk lebih memperbaiki dan meningkatkan kemampuan bersama-sama.

“Untuk meningkatkan minat membaca di kalangan masyarakat dan siswa, pemerintah perlu melakukan terobosan positif. Salah satunya melalui gerakan literasi sekolah. Kebiasaan membaca perlu didorong melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS),” katanya.

Menurut Sri Agus Indariyati, Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat.

“Gerakan Literasi Sekolah (GLS) ini merupakan upaya menyeluruh yang melibatkan semua warga sekolah baik guru, peserta didik, orang tua/wali murid dan masyarakat sebagai bagian dari ekosistem pendidikan sehingga membutuhkan dukungan kolaboratif berbagai elemen. Upaya yang ditempuh untuk mewujudkannya berupa pembiasaan membaca,” tegasnya. (wan)

cww trust seal