Thursday, November 21, 2019
Depan > Pendidikan > Dispendik Gelar Seleksi OSN Jenjang SMP

Dispendik Gelar Seleksi OSN Jenjang SMP

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo, Sabtu (16/3/2019) menggelar seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMP Tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2019 di SMP Negeri 1 Pajarakan. Kegiatan ini diawali dengan apel bersama yang dipimpin langsung oleh Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina.

Pembukaan seleksi OSN jenjang SMP tingkat Kabupaten Probolinggo ini dihadiri oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Priyo Siswoyo, Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Dispendik Kabupaten Probolinggo Sunalis, seluruh Pengawas SMP, Kepala SMP serta pendamping masing-masing mata pelajaran (mapel) Matematika, IPA dan IPS.

OSN merupakan suatu kegiatan yang bersifat kompetitif dibidang Sains bagi siswa SMP yang dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi dan nasional. Kegiatan ini memperlombakan mata pelajaran (mapel) Matematika, IPA dan IPS.

Kegiatan yang mengambil tema “Mengembangkan Kemampuan 4K (Kritis, Kreatif, Kolaboratif dan Komunikatif) melalui Sains” ini diikuti oleh 247 siswa terdiri dari 82 siswa lomba Matematika, 82 siswa lomba IPA dan 83 siswa lomba IPS yang masing-masing lomba diselenggarakan dalam 4 (empat) ruang. Nantinya masing-masing lomba akan diambil juara I, II, III, harapan I dan harapan II.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Priyo Siswoyo mengungkapkan kegiatan ini bertujuan meningkan mutu pendidikan khususnya bidang Sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religius, integritas, nasionalisme, mandiri dan gotong royong, mengembangkan minat dan bakat peserta didik dalam bidang Sains serta menumbuhkembangkan kemampuan peserta didik untuk berfikir kritis, inovatif dan produktif sebagai bekal dalam kehidupan.

“Selain itu, meningkatkan prestasi bidang Sains, menanamkan sifat kompetitif, kerjasama dan sportif yang sehat sejak dini serta menanamkan kesadaran dan keberanian peserta didik untuk mencoba menerapkan secara langsung dan dapat berprestasi secara optimal dengan memberikan penghargaan-penghargaan kepada peserta didik yang berprestasi dalam bidang Sains,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina mengharapkan agar melalui lomba/seleksi ini terjadi peningkatan minat dan prestasi peserta didik yang mampu berprestasi pada lomba tingkat provinsi dan nasional. “Semoga melalui kegiatan OSN ini peserta didik kita di Kabupaten Probolinggo semakin meningkat kemampuan akademiknya, menjadi siswa yang cerdas, religius dan terampil,” harapnya. (wan)

cww trust seal