Saturday, May 25, 2019
Depan > Pendidikan > Dispendik Gelar Seleksi O2SN Jenjang SMP Tahun 2019

Dispendik Gelar Seleksi O2SN Jenjang SMP Tahun 2019

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo menggelar Seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SMP negeri/swasta tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2019, Kamis hingga Minggu (2-5/5/2019).

Program Minat, Bakat dan Kreatifitas yang mengambil tema “Melalui Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Membentuk Pelajar yang Berprestasi Akademis, Olahraga dan Berbudi Pekerti Luhur” ini diikuti oleh seluruh siswa SMP negeri/swasta se-Kabupaten Probolinggo. Mereka mengikuti cabang olahraga (cabor) atletik, bulutangkis, renang, pencak silat dan karate.

Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Sunalis mengungkapkan seleksi O2SN ini bertujuan untuk memfasilitasi minat, bakat dan kreatifitas anak jenjang SMP. Hal ini dikarenakan prestasi atau bakat anak itu tidak hanya terletak kepada bidang akademik saja, tetapi juga dalam bidang olahraga.

“Melalui kegiatan ini kami mengharapkan dapat menumbuhkan sikap disiplin, kerja sama, sportivitas dan nilai-nilai kepribadian yang baik sebagai bagian penting dari perwujudan pendidikan karakter bangsa, sehingga bisa mempersiapkan olahraga untuk prestasi ke nasional,” ungkapnya.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Priyo Siswoyo menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu pelaksanaan O2SN tahun 2019 diantaranya SMPN 1 Pajarakan, SMAN 1 Kraksaan, SMPK Santo Paulus, SMKN 1 Dringu, Disporaparbud, Dinas Kesehatan dan induk organisasi (PASI, PBSI, PRSI, IPSI dan FORKI), kepala sekolah dan pelatih pembina dari masing-masing lembaga SMP.

“Terima kasih saya ucapkan karena adik-adik siswa SMP tetap semangat walaupun O2SN dilaksanakan di awal puasa. Gunakan momentum ini untuk saling mengenal potensi atlet dan jadikan sebagai ajang silaturahim dalam rangka kecintaan terhadap NKRI,” katanya.

Menurut Priyo, O2SN merupakan ajang untuk mengembangkan jiwa sportivitas, kekompakan, rasa percaya diri dan tanggung jawab. Disamping untuk mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar berolahraga.

“Semoga kegiatan ini mampu meningkatkan prestasi baik dari siswa siswi maupun lembaga SMP, terutama yang sangat miskin atlet cabang olahraga baik bulutangkis, renang, karate, pencak silat dan atletik. Harapannya ke depan mampu meningkatkan jumlah peserta dan keikutsertaan pada O2SN tahun 2020 mendatang,” harapnya.

Cabor bulutangkis dilaksanakan di SMPK Santo Paulus Kraksaan untuk kategori putra dan putri, Kamis (2/5/2019). Dari hasil pertandingan cabor bulutangkis ini, untuk putra juara 1 diraih Mohamad Irvan Akbar dari SMPN 1 Pajarakan, juara 2 diraih Mohamad Rizal dari SMPN 1 Leces dan juara 3 diraih Aldi Wibowo dari SMPN 1 Gending. Untuk putri, juara 1 diraih Anjani Dewi dari SMPN 1 Maron, juara 2 diraih Pabilia Viktoria dari SMP Taruna dra Zulaicha Leces dan juara 3 diraih Najwa Arini dari SMP Taruna dra Zulaicha Leces.

Selanjutnya, cabor renang putra dan putri untuk kategori 50 meter gaya bebas, 100 meter gaya bebas, 50 meter gaya punggung, 50 meter gaya dada, 100 meter gaya dada dan 50 meter gaya kupu-kupu di Kolam Renang GOR Kedopok, Jum’at (3/5/2019).

Setelah melalui seluruh kategori renang, untuk putra juara 1 diraih Alfiansyah Putranda R dari SMP Bakti Pertiwi, juara 2 diraih Wisnu Wahyu Herlambang dari SMPN 1 Kraksaan dan juara 3 diraih Andriansyah dari SMP Hati BBS Kraksaan. Untuk putri, juara 1 diraih Rafa Jamitra Isaura dari SMPN 1 Kraksaan, juara 2 diraih Risti Eka P dari SMPN 1 Tongas dan juara 3 diraih Naura Kusmarhaeni dari SMP Taruna dra Zulaicha Leces.

Kemudian Sabtu (4/5/2019) dilaksanakan 2 (dua) cabor. Yakni, atletik (lari 60 meter, lompat jauh dan tolak peluru) putra dan putri di SMPN 1 Pajarakan dan pencak silat putra dan putri di SMAN 1 Kraksaan. Dari hasil pertandingan atletik putra, juara 1 diraih Jahdan Syahrullah dari SMPI Zainal Abidin, juara 2 diraih Muh. Roni dari SMPN 1 Tiris dan juara 3 diraih Riski Wahyudi dari SMP Hati BBS Kraksaan. Untuk putri, juara 1 diraih Indri Dwi S dari SMPN 1 Krejengan, juara 2 diraih Jama’atun Penti S dari SMPN 1 Pajarakan dan juara 3 diraih Naura K dari SMP Taruna dra Zulaicha Leces.

Sementara untuk cabor pencak silat putra, juara 1 diraih Ananda Nauval dari SMP Taruna dra Zulaicha Leces, juara 2 diraih Agil Faqih dari SMP IT Permata dan juara 3 diraih M. Yusuf dari SMP Nurul Jadid. Untuk putri, juara 1 diraih Dwi Heryanti dari SMPN 1 Wonomerto, juara 2 diraih Sarah Ulya dari SMP IT Permata dan juara 3 diraih Wulan Guritno dari SMPN 1 Banyuanyar.

Terakhir cabor karate putra dan putri dilaksanakan di Komplek Perkantoran Diklat Kabupaten Probolinggo, Minggu (5/5/2019). Setelah dilakukan pertandingan, untuk karate putra, juara 1 diraih Avin Bagus Prakoso dari SMPN 1 Dringu, juara 2 diraih Mohammad Okhe dari SMPN 1 Paiton dan juara 3 diraih Khozin dari SMP Miftahul Arifin Bantaran. Untuk putri, juara 1 diraih Ummama Ayu Mariana dari SMPN 1 Bantaran, juara 2 diraih Wadhi’atul Hurairah dari SMPN 1 Bantaran dan juara 3 diraih Adelia Eka Syawaliah dari SMPN 1 Bantaran.

Nantinya juara 1 masing-masing cabor akan mewakili Kabupaten Probolinggo pada O2SN tingkat Provinsi Jawa Timur yang akan dilaksanakan pada minggu II bulan Juli 2019 mendatang di Surabaya. (wan)