Friday, November 15, 2019
Depan > Pendidikan > Dispendik Gelar Rakor Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional

Dispendik Gelar Rakor Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs negeri/swasta serta Paket B dan Paket C tahun 2019 di Kabupaten Probolinggo, Rabu (27/3/2019).

Kegiatan yang digelar di aula SDN Kedungdalem II Kecamatan Dringu ini diikuti oleh 426 Kepala SMP/MTs negeri/swasta serta PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) di Kabupaten Probolinggo yang terbagi dalam 2 (dua) angkatan. Dimana angkatan pertama adalah SMP negeri/swasta dan angkatan kedua adalah MTs/PKBM.

Rakor yang dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Priyo Siswoyo ini dihadiri narasumber Pengawas SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Edy Santoso, perwakilan dari PT Telkom dan PLN Probolinggo.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina melalui Kepala Bidang Pembinaan SMP Priyo Siswoyo mengungkapkan kegiatan ini merupakan kegiatan koordinasi untuk mempersiapkan kelancaran USBN (ujian Sekolah Berstandar Nasional) dan UNBK tahun 2019 yang akan digelar pada bulan April mendatang dengan berpedoman pada pos USBN dan UN.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mensukseskan jalannya pelaksanaan USBN dan UNBK jenjang SMP/MTs di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Sementara Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Sudarsono mengungkapkan kegiatan ini bertujuan agar semua penyelenggara USBN dan UNBK tahun 2019 bisa mempersiapkan sedini mungkin agar pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik dan lancar serta mampu mengantisipasi kemungkinan terjadinya kendala pada waktu pelaksanaan USBN dan UNBK tahun 2019.

“Nantinya akan dibentuk help desk yang membidangi prokton agar kegiatan pelaksanaan USBN dan UNBK bisa terlaksana dengan baik. Para kepala sekolah juga harus memahami apa yang harus dilakukan demi meningkatkan motivasi prokton dalam menjalankan tugasnya,” ungkapnya.

Menurut Sudarsono, tahun 2019 jumlah peserta USBN dan UNBK di Kabupaten Probolinggo terdiri dari 9.783 siswa dari 215 lembaga SMP, 6.295 siswa dari 182 lembaga MTs serta 1.064 siswa dari 16 PKBM untuk Paket B/C.

“Melalui kegiatan ini kami berharap agar pelaksanaan USBN dan UNBK tahun 2019 di Kabupaten Probolinggo dapat berjalan dengan efektif sebagaimana rencana yang sudah dijadwalkan. Kendala-kendala yang terjadi tahun sebelumnya sudah kami benahi agar pelaksanaan USBN dan UNBK tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses,” harapnya. (wan)

cww trust seal